Penggunaan Instrumen Ordered Multiple Choice (OMC) Untuk Menilai Pemahaman Konsep Usaha Dan Energi Dengan Model Pembelajaran Discovery Di SMAN 1 Long Kali
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen OMC yang dikembangkan oleh peneliti dan pemahaman konsep peserta didik serta perbedaan antara nilai pre-test dan post-test pada materi usaha dan energi yang diukur dengan OMC setelah diterapkannya model pembelajaran Discovery. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Long Kali Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA-2 sebanyak 31 peserta didik dan subyek untuk uji empiris sebanyak 142 peserta didik. Dari uji coba instrumen diperoleh 24 butir soal yang layak digunakan dengan reliabilitas instrumen 0,81. Berdasarkan analisis pemahaman konsep dengan OMC diketahui bahwa 6% peserta didik masih berada pada level naive concept, 29% peserta didik berada pada level hybrid concept, 45% peserta didik berada pada level simple concept, dan 35% peserta didik berada pada level different concept, serta berdasarkan standar ketuntasan belajar pemahaman konsep peserta didik memperoleh rata-rata nilai post-test 78 dan sebanyak 94% peserta didik mendapatkan nilai di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil uji T berpasangan, menunjukkan nilai thitung= 10,803 lebih besar dari ttabel= 1,697. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata nilai post-test dan pre-test peserta didik, dimana rata-rata nilai post-test (78) lebih besar dari rata-rata nilai pre-test (63).
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Briggs, D. C. et al. (2006). Diagnostic Assessment With Ordered Multiple-Choice Items. Educational Assessment. Vol. 11 No. 1, pp. 33.
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Depdikbud. 2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Depdikbud.
Driver, R., Squires, A., Rushworth, P., & Wood-Robinson, V. (1994a). Making Sense of Secondary Science: Research into children's ideas. New York, NY: Routledge.
Hadenfeldt, Jan. C. et al. (2013). Using Ordered Multiple-Choice Items To Assess Students’ Understanding of the Structure and Compositon of Matter. Journal of Chemical Education. Vol. 90, pp. 1602-1603.
Nordine, J. C. (2007). Supporting Middle School Students’ Development of an Accurate and Applicable Enery Concept. Dissertation. Michigan: University of Michigan.
Solomon, J. (1983). Messy, Contradictory, and Obstinately persistent: A study of
Children's out-of-school Ideas about Energy. School Science Review, 65(231), 225-233.
Sudjana, N. (2010). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Uno, H. B., dan Koni, S. (2014). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Yamtinah, S. dan Budiyono. (2015). “Pengembangan Instrumen Diagnosis Kesulitan Belajar pada Pembelajaran Kimia di SMA”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 19 No. 1, Juni 2015. Hal. 73.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v5i3.3936
Article Metrics
Abstract view : 698 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 795 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License