Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Melalui Model Pengajaran Langsung Dengan Metode Problem Solving

Muhammad Noor, Zainuddin Zainuddin, Sarah Miriam

Abstract


Perangkat pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah SMPN 9 Banjarmasin dinilai masih perlu dikembangkan agar lebih layak dan lebih baik. Hal ini berpengaruh pada rendahnya hasil ketercapaian belajar kognitif siswa dan cara penyelesaian pemecahan masalah persoalan yang dihadapi siswa. Oleh karena itu dikembangkanlah perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengajaran langsung yang memiliki tujuan khusus untuk: (1) Mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran, (2) mendeskripsikan kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP, dan (3) mendeskrepsikan keefektifan perangkat pembelajaran yang ditinjau dari hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mangacu pada model pengembangan Dick and Carey. Bentuk instrumen yang dikembangkan berupa berupa RPP, LKS, THB dan Materi ajar. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid dengan kategori baik (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran dinilai terlaksana dalam kategori sangat baik dan (3) Keefektivan perangkat pembelajaran berkategori sedang. Diperoleh kesimpulan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model pengajaran langsung dengan metode problem solving yang dikembangkan layak digunakan dalam sistem belajar mengajar.

 

Kata kunci:     Perangkat Pembelajaran, Model Pengajaran Langsung, Metode Problem Solving.

  

ABSTRACT: The learning equipment used in teaching and learning process at school SMPN 9 Banjarmasin need improvement in order to make it better than before. This case influential by the low of students’ cognitive achievement and problem-solving.  Therefore, the researcher were going to improve the learning equipment using direct learning model which have some purpose: (1) to describe validity of learning equipment, (2) to describe the practicability learning equipment carry out from RPP observe, and (3) to describe the effectiveness of learning equipment from students’ cognitive achievement. This research was development research which refers to Dick and Carey learning model. The type of instrument was going to develop in this research were RPP, LKS, THB and learning the material. The result of this research showed: (1) the learning equipment which has developed stated as valid with a good category, (2) the practicability of learning equipment has implemented stated as the very good category, and (3) the effectiveness of learning equipment stated as with fair category. The conclusion of this research was the learning equipment using direct learning model with the problem-solving method which had developed was suitable to apply in teaching and learning system.

 

 


Keywords


learning equipment; direct learning model; problem-solving method

References


Atqiya, N., Jamal, M. A., & Mahardika, A. I. (2016). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengaplikasikan Rumus Fisika Dengan Menggunakan Metode Problem Solving Dalam Sintaks Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas VIIB SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 293-303.

Borich, G. (1994). Observation Skill For Effective Teaching. America: Publishing Company.

Budiningsih, C. (2012). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembalajaran Inovatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryandi, S., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan Kemampuan Analisis Sintesis Siswa Melalui Penerapan Pengajaran Langsung Dengan Metode Problem Solving. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 104-113.

Hunter. S, R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negri 12 Pamatangsiantar. Journal of Mathematics Education, Science and Technology, Vol. 1, No.1. Hal 39-56.

Indah Safputri, E. (2016). Pengembagan Perangkat Pembelajaran Fisika pada Materi Ajar Usaha dan Energi dengan Metode Problem Solving Model Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, Vol. 4. No. 2.

Indrayani, A., & dkk. (2016). Keefektifan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Solving Untuk Melatihkan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Vol. 5, No. 2.

Irham, M., & Wiyani, N. (2014). Psikologi Pendidikan Teori Aplikasi dalam Proses Pembelajaran. Jogjakarta: Al-Ruzz Media.

Mudjijo. (1995). Tes Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Angsara.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: Diva Press.

Orrahmah, A., & An'nur, S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Pengajaran Langsung Dengan Metode Problem Solving Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas XII IPA 1 SMAN 10 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 163-175.

Ratumanan, T., & T., L. (2011). Penelitian Hasil Belajar dan Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Press.

Rusman. (2014). Model-Model Pembelajaran:Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Schunk, D. (2012). Learning Theories An Educational Perpective. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Suryani, N., & Agung, S, L. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Susanto, A. (2015). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group

Widoyoko, E. P. (2015). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zarkasyi, M. W., Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Rafika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v5i3.3958

Article Metrics

Abstract view : 2176 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1684 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License