Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu

Kadek Kariani, Muhammad Ali, Sahrul Saehana

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 palu. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen quasi dengan desain randomized pretest-posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Teknik Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling dengan sampel penelitian adalah kelas VII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda. Tes hasil belajar fisika yang diperoleh menunjukkan bahwa skor rata-rata kelompok eksperimen 15,83 dengan standar deviasi 3,39 dan skor rata-rata kelompok kontrol yaitu 12,16 dengan standar deviasi 2,66. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diperoleh 16thitung=4,77">  dan 16t0,0975(68)=2,00">  pada taraf nyata 16a=0,05"> . Ini berarti bahwa nilai 16thitung">  berada diluar daerah penerimaan 16H0"> . Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar fisika pada siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Palu.

This research was conducted with the aim to know the influence of the use of guided discovery learning model on physics learning outcomes in students of Class VII SMP Negeri 9 Palu. This type of research is a quasi experiment with randomized pretest-posttest control group design. The population of this research is all students of class VII of SMP Negeri 9 Palu. Sampling technique used in this research is Purposive Sampling with research sample is class VII D as experiment group and class VII C as control group. The instrument used is a test of learning outcomes in the form of multiple choice questions. The physics test result obtained showed that the average score of the experimental group was 15.83 with the standard deviation of 3.39 and the average score of the control group was 12.16 with the standard deviation of 2.66. Based on hypothesis test results, obtained thitung = 4.77 and t(0.0975 (68)) = 2.00 at the real level α = 0.05. This means that the value of t_hitung is outside the reception area H0. It is concluded that there is influence of guided discovery learning model on the result of physics learning in Grade VII students of SMP Negeri 9 Palu.


Keywords


Model Guided Discovery, Hasil Belajar; Guided Discovery Model; Learning Outcomes

References


Annisa, Y. N., Zainuddin, Z., & Salam, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Smp Pada Pokok Bahasan Cahaya Dengan Model Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 75-88.

Asmani, M. (2010). Panduan Efektif Bimbingan Dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.

Handayani, B. T., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Guided Discovery Learning. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 143-154.

Choirun Nisa, S. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dengan Mengintegrasikan Keterampilan Proses Sains Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP NEGERI 1 Kamal. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(1).

Rahmi, K., Zainuddin, Z., & Suriasa, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Suatu Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 1-15.

Riduwan. (2003). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. (1999). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4383

Article Metrics

Abstract view : 511 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 469 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License