Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Penerapan Fisika Dengan Menggunakan Lembar Self-Diagnosis dan Self Efficacy
Abstract
Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk me menganalisis kesalahan dalam menyelesaikan soal penerapan fisika dengan menggunakan lembar self-diagnosis dan self efficacy pada mahasiswa pendidikan fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Sriwijaya dan sampel penelitian adalah mahasiswa semester V tahun akademik 2017/2018. Penelitian dilaksanakan semester gasal tahun akademik 2017/2018 di program studi pendidikan fisika FKIP Universitas Sriwijaya. Pengambilan data dilakukan dengan teknik tes dan angket. Tes yang diberikan berupa tes essay sejumlah dua item soal dan konsep fisika yang digunakan yaitu konsep usaha dan energi. Soal tes nomor 1 tentang konsep hukum kekekalan energi mekanik dan soal nomor 2 tentang konsep hukum kekekalan energi. Sedangkan angket berupa angket self diagnosis dan angket self efficacy. Analisis data angket self diagnosis dilakukan dengan teknik penskoran berdasarkan subkategori pada lembar self-diagnosis. Peneliti melakukan penskoran dengan tiga cara yaitu (1) Reasearcher diagnosis of student’s solution (RDS), dimana peneliti menskor hasil dari lembar jawaban mahasiswa; (2) Student’s self-diagnosis of solution (SDS), dimana mahasiswa mediagnosis kesalahan dalam peyelesaian soal; (3) Researcher’s assessment of student’s self-diagnosis (RSD), dimana peneliti menskor dari lembar self-diagnosis mahasiswa. Penilaian ini dilihat dari dua aspek yaitu aspek konsep fisika dan aspek presentasi penerapan konsep fisika. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa (1) hasil analisis lembar self diagnosis yang diperoleh baik untuk aspek konsep fisika maupun konsep presentasi masing-masing item soal menunjukkan bahwa mahasiswa sudah mampu menilai kesalahan yang dilakukan setelah mengerjakan soal penerapan konsep usaha dan energi yang diberikan karena hasil analisis self diagnosis yang telah dilakukan oleh mahasiswa sendiri dengan ahli. (2) Hasil analisis lembar self efficacy menunjukkan tingkat keyakinan mahasiswa dalam menyelesaikan persoalan penerapan konsep fisika mahasiswa masih tergolong sedang dan belum mencapai 75%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, Suharsimi. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Bandura, Albert. (1997). Self-Efficacy The Excercise of Control. USA: W. H Freeman and Company.
Creswell, J.W. (2012). Research Design. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Depdiknas. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dimyati, dkk. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka cipta.
Entang. (1983). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Pengajaran Remedi. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Mason, Cohen, dkk. (2008). Effect of Self-Diagnosis on Subsequent Problem Solving Performance. Physics Education Research Conference 8,010324. 1-11.
Riduwan. (2004). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.
Roger. (2000). Carl Roger and Humanistic Education.Chapter 5 in Patterson. 15:4.
Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Winkle, S.W. (1995). Psikologi Pengajaran.Jakarta: PT. Grasindo.
Yasyin, Sulchan. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Surabaya: Amanah.
Yerushalmi, Cohen, dkk. (2012). What do students do when asked to diagnose their mistake? Does it help them?I.Atypical quiz context. Physical Review Special Topics-Physical Education Research 8,020109. 1-19.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4400
Article Metrics
Abstract view : 903 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1250 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License