Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Inkuiri Untuk Melaksanakan Praktikum Secara Virtual Laboratory Pada Materi Listrik Dinamis
Abstract
Telah dilaksanakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan mahasiswa berbasis inkuiri terbimbing untuk melaksanakan praktikum secara virtual laboratory pada materi listrik dinamis yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan melaui tiga tahapan yaitu tapan pendahuluan, tahap pengembangan, dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi dilaksanakan dengan mengunakan tahap evaluasi tesmer. Sampel penelitian yaitu mahasiswa pendidikan fisika semester 1 yang menempuh mata kuliah praktikum fisika dasar. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan dokumentasi, walktrough, dan angket. Kriteria kevalidan diperoleh dengan mengolah data hasil validasi ahli, sedangkan kriteria kepraktisan diperoleh dengan mengolah data hasil angket pada tahap one to one dan small group evaluation. Berdasarkan analisis data yang telah dilaksanakan diperoleh hasil bahwa Telah berhasil dikembangkan lembar kegiatan mahasiswa berbasis inkuiri terbimbing untuk melaksanakan praktikum secara virtual laboratory pada materi listrik dinamis yang valid dengan nilai 84,25% dengan kriteria valid. Telah berhasil dikembangkan lembar kegiatan mahasiswa berbasis inkuiri terbimbing untuk melaksanakan praktikum secara virtual laboratory pada materi listrik dinamis yang praktis dengan nilai 81,47% pada tahap one to one evaluation dengan kriteria sangat praktis dan 84,10% pada tahap small group evaluation dengan kriteria sangat praktis.
It has been already done a research that purpose to produce a student activity sheet based on guided inquiry to carry out practicum in a virtual laboratory on valid and practical dynamic electrical materials. This research is a research development through three stages namely preliminary stage, development stage, and evaluation phase. Evaluation stage is carried out by using testmer evaluation stage. The sample of research is physics students of semester 1 who take subject of basic physics lab. Data collection techniques were carried out with documentation, walkthrough, and questionnaires. The validity criteria is obtained by processing the data of expert validation result, while the practicality criteria is obtained by processing the questionnaire data in one to one and small group evaluation. Based on the analysis of data that has been implemented, the result has been successfully developed a student activity sheet based on guided inquiry to carry out practicum in a virtual laboratory on valid dynamic electrical material with value of 84,25% with valid criteria. It has been successfully developed a student activity sheet based on guided inquiry to carry out virtual laboratory practicum in practical dynamic electrical materials with a value of 81.47% in the one to one evaluation stage with very practical criteria and 84.10% in small group evaluation stage with very practical criteria.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arsyad, Azhar. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Fadillah, U. (2012). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran dengan Metode Simulasi dan Metode Tutorial dalam Pembelajaran Listrik Dinamis terhadap Pemahaman Konsep dan Ketrampilan Berpikir Kritis Peserta Didik di MAN Wonosari. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Fatik, Z. dan Madlazim. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Dengan Lab PhET Pada Materi Gelombang Elektromagnetik. ejournal.unesa.ac.id, 158-165.
Hamid, A. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Prasetya, Sigit. (2007). Pengembangan Pembelajaran dengan Menggunakan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran yang Berkualitas. Semarang : Unnes.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suma, K., Suastra, I.W., dan Samudra, B.G. (2014). Permasalahan-permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 04:6.
Tegeh, A., Jampel, T., dan Pudjawan, A. (2014). Model Penelitian Pengembangan dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Yamasari, Yuni. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang berkualitas. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pascasarjana X-ITS, Surabaya, 4 Agustus 2010. (online). (http://salamsemangat.files.wordpress.com/2011/05/pengembangan-matematika-berbasis-tik.pdf), diakses 12 April 2017.
Yuniarti, F., Dewi, P., dan Susanti, R. (2012). Pengembangan Virtual Laboratory sebagai Media Pembelajaran Berbasis Komputer pada Materi Pembiakan Virus. Unnes Journal of Biology Education. 1 (1): 86-94.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4401
Article Metrics
Abstract view : 1225 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1047 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License