Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inquiry Discovery Learning Terbimbing

Lisa Hartini, zainuddin zainuddin, Sarah Miriam

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan perangkat pembelajaran suhu dan kalor berorientasi keterampilan proses sains menggunakan model inqury discovery learning terbimbing berdasarkan dari validitas, kepraktisan, keefektifan dan pencapaian keterampilan proses sains. Pengembangan perangkat pembelajaran dengan model ADDIE (analyze, design, development, implement, evaluate) yang diuji cobakan di SMA Negeri 10 Banjarmasin kelas X6 menggunakan one-grup pretest-posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Validitas perangkat berkategori sangat baik: rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berkategori sangat baik, lembar kerja peserta didik (LKPD) berkategori sangat baik, tes hasil belajar berkategori sangat baik, materi ajar berkategori sangat baik. (2) Kepraktisan perangkat pembelajaran berkategori sangat praktis berdasarkan hasil keterlaksanaan RPP. (3) Keefektifan perangkat pembelajaran berkategori efektif berdasarkan N-gain tes hasil belajar siswa. (4) Pencapaian keterampilan proses berdasarkan hasil LKPD dan lembar pengamatan berkategori terampil. Berdasarkan hasil penelitian meunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berkategori sangat baik, sangat praktis, efektif dan terampil sehingga perangkat pembelajaran layak untuk diimplementasikan.

The purpose of this study is description the feasibility of learning materials temperature and heat that oriented science process skills by using guided inquiry discovery learning model based on the validity, practicality, effectiveness and achieving of science process skills. Development learning materials with the ADDIE model (Analyze, design, development, implementation, evaluate) tested in SMA Negeri 10 Banjarmasin class X6 by using one- group prettest-posttest design. The result of this research show: 1) validity of learning materials very good category : the lesson implementation plan very good category, student works sheet (LKPD) very good category, student's learning results very good category, student Book very good category. 2) practicality of learning materials very practical category based on result  the application of the lesson plan in classroom. 3) effectieveness of learning materials Which is the effective category based on the research N-gain students learning result. 4) Achievement of science process skills based on result that the LKPD and observation sheet skilled category. Based on the result of the research, it can be concluded that the developed learning materials are very good, very practical, effective and skilled so that learning materials feasible to be used implemented.

 


Keywords


Perangkat Pembelajaran; keterampilan proses sains; inquiry discovery learning terbimbing; learning materials; science process skills; guided inquiry discovery leraning

References


Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Audina, M., Jamal, M. A., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa dengan Menggunakan Model Guided Inquiry Discovery Learning (GIDL) di Kelas X PMIA-2 SMA 3 Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 38-49.

Daryanto, & Dwicahyono, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hake, R.R. (1999). Analizing Chage/Gain Score. USA : Dept Of Physics Indiana Uuniversity.

Karmila, L., Zainuddin, Z., & An'nur, S. (2016). Improving Science Process Skills Class XI IPA 1 MAN 3 Banjarmasin Inquiry Discovery Learning (IDL) Guided By Operation Of Model Material In Teaching Impulse and Momentum. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 383-392.

Kemendikbud. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khusnah, Laila, Ibrohim, and Ghofur. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Terpadu Berbasis Saling Temas dan Inkuiri Terbimbing untuk Membentuk Pemahaman Terintegrasi Peserta Didik SMP. Jurnal Pendidikan Sains. Hal: 149-157.

Kosasih, E. (2014). Strategi Balajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Kurniawati, D, Maskuri, M dan Saputro, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dilengkapi LKS Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Pada Sateri Pokok Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X MIA 4 SMA N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 5(1), 88-98.

Majid, A., & Rochmad, C., (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Prasojo, P. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan berpikir kritis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 130-141.

Purwati, R., Prayitno, B. A., & Sari, D. P. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Sistem Ekskresi Kulit untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI SMA. In Prosiding Seminar Biologi (Vol. 13, No. 1, pp. 325-329).

Rahmi, K., Zainuddin, Z., & Suriasa, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Suatu Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 1-15

Rismawati, Iriwi L.S. S, Irfan Y, dan Sri Wahyu Widyaningsih. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Di SMK Negeri 02 Manokwari. Jurnal Pendidikan, 8(1), 12-25.

Sadia, I. W. (2014). Model-Model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saifiana, Ayu Arivani Putri, and Tarzan Purnomo. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Model Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Sidoarjo. E-Journal Unesa. Hal : 92-98.

Salam, A, Prabowo, Supardi, Z.A.I. (2015). “Pengembangan Perangkat Perkuliahan Inovatif Berdasarkan Tingkat Otonomi Pembelajaran Pada Perkuliahan Fisika Dasar. Jurnal penelitian pendidikan sains, 4( 22), 547-556.

Saniah, S., Hala, Y., & Taiyeb, A. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Aktivitas, Motivasi dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone. bionature, 17(1).

Sari, N. R. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Topik Tekanan Pada Zat Cair Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(3), 1048-1056.

Setiawan, H., Jamal A.M dan Salam, A. (2016). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Fisika Siswa Kelas VII SMP NEGERI 2 Juai dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 27-35.

Sudrajat, A., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Ma Muhammadiyah 2 Al Furqan Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 74-85.

Suhartono, S. (2013). Pengembangan Rpp Berbasis Inkuiri Dengan Penerapan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 1(2).

Supardi. (2015). Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor konsep dan aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Tiro, C., Jamal, M.A., Mastuang. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing pda Materi Pokok Cahaya. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 162-169.

Ubaidillah, M. (2016). Pengembangan Lkpd Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilanberpikir Tingkat Tinggi. EduFisika, 1(2), 09-20.

Warso, A. W. D. D. (2014). Proses pembelajaran & Penilaian. Yogyakarta: Graha Cendekia.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wiguna, M. C. (2016). Pengembangan LKPD IPA berbasis keterampilan proses untuk meningkatkan sikap ilmiah dan minat siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 176-183.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4448

Article Metrics

Abstract view : 2219 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1202 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License