Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation
Abstract
Kurangnya antusias siswa dalam menyimak, menyampaikan pendapat, dan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA melatarbelakangi dilakukannya penelitian ini. Tujuan umum penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi cahaya dan alat optik. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan: (1) keterlaksanaan RPP, (2) aktivitas belajar, dan (3) hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Hopkins, terdiri atas dua siklus dengan masing-masing siklus dua pertemuan. Perangkat dan instrumen penelitian yang digunakan adalah silabus, RPP, hand out, LKPD, lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Data diperoleh melalui tes dan pengamatan, dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian yaitu: (1) keterlaksanaan RPP yaitu 77,98% (baik) pada siklus I 95,45% (sangat baik) pada siklus II; (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I berkategori aktif, dan pada siklus II berkategori sangat aktif; (3) hasil belajar siswa pada siklus I yaitu 75% (tuntas) pada siklus II 91% (tuntas). Diperoleh simpulan bahwa aktivitas belajar siswa VIII G SMP Negeri 1 Banjarmasin pada materi cahaya dan alat optik meningkat saat diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI).
Kata kunci: Kooperatif tipe group investigation, PTK, cahaya dan alat optik, aktivitas belajar, dan hasil belajar.
Abstract: The lack of students’ enthusiasm in listening, giving opinion, and the low learning outcomes in the science subjects underlid this research which aimed to improve. The general object of this research is to imptove students’ learning activity through cooperative learning model of group investigation type on the teaching material of light and optical instrument. Specific objectives of the study were to describe: (1) the implementation of RPP, (2) the learning activities, and (3) the learning outcomes. This study was a classroom action research with Hopkins model, consisting of two cycles with two meetings of each. The research equipments and instruments used were a syllabus, RPP, hand out, LKPD, observation sheets of learning activity and student activity. The data obtained through the test and observation was analysed qualitative and quantitative descriptively. The research findings were: (1) the implementation of RPP was 77,98% (good) in the cycle I and 95,45% (very good) in the cycle II; (2) the students’ learning activity in the cycle I was categorized as active and in the cycle II was categorized as very active; (3) students’ learning outcomes in the cycle I was 75% (complete) and in the cycle II was 91% (thorough). The conclusion was that VIII G students’ learning activity of State Junior High School 1 of Banjarmasin on the material of light and optical instruments increased when cooperative learning model of group investigation (GI) was applied.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Artini, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SD Inpres 1 Tondo. Mitra Sains, 4(1).
Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. Sap (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2).
Fauziah, A., Irianto, D. M., & Widaningsih, E. (2016). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Cahaya Melalui Penerapan Model Group Investigation. Jurnal PGSD Kampus Cibiru, 4(3).
Gusmawati, G., & Zainuddin, Z. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 126-138.
Hamalik, O. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hartoto, T. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sejarah. Historia: Journal Of Teaching History And Historical Science, 4(2), 131-142.
Kunandar. 2007. Guru Profesional. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Muslim, M., Zainuddin, Z., & An'nur, S. (2016). Meningkatkan Aktivitas Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 94-103.
Palupi, R. D. (2016). Penerapan Model Belajar Group Investigation Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Tentang Daya Tarik, Motivasi, dan Ambisi Bangsa Barat Di Kelas VIII-J SMP Negeri 1 Pogalan Kabupaten Trenggalek Semester I Tahun 2014/2015. Jurnal Pendidikan Profesional, 4(3).
Rahayuni, K. M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Pelajaran 2015/2016. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2).
Ratumanan, T.G. & Laurent. 2003. Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.
Romadoni, W. S., & Dinata, V. C. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigasi Terhadap Hasil Belajar Jalan Cepat (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 2(3).
Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran. Edisi Kedua: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres.
Sardiman, A.M. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Septina, H., Hartini, S., & Suyidno, S. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 88-97.
Setiawati, M., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2016). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 16-28.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suasta, I. G. (2016). Implementation by Type of Cooperative Learning Group Investigation to Increase Activity And Results of Learning IPS. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 2(1).
Suprijono, A. 2016. Cooperatif Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wiratana, I. K., Sadia, W., & Suma, K. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok (Group Investigation) Terhadap Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Sains Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA, 3(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i1.4471
Article Metrics
Abstract view : 1967 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 915 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License