Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Antasari Banjarmasin Pada Perkuliahan Fisika Dasar 1 Dalam Setting Strategi Motivasi ARCS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi belajar mahasiswa pada perkuliahan fisika dasar melalui penerapan strategi motivasi ARCS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini dipilih dengan cara purposive sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 18 orang mahasiswa Prodi Tadris Fisika FTK UIN Antasari Banjarmasin, yang mengikuti matakuliah Fisika Dasar 1 tahun akademik 2017/2018. Instrumen penelitian ini adalah angket ARCS dan lembar observasi. Data dianalisis kuantitatif dengan menggunakan statistik tendensi sentral mean. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa mahasiswa Prodi Tadris Fisika FTK UIN Antasari Banjarmasin memiliki rata-rata skor motivasi belajar sebesar 4,06 dengan kriteria baik.
The purpose of this study was to determine the learning motivation of students in basic physics lectures through the implementation of ARCS motivational strategies. This research is quantitative descriptive. This research sample selected by purposive sampling. The sample of this study was to 18 students of Tadris Physics FTK UIN Antasari Banjarmasin, who followed the Basic Physics course 1 academic year 2017/2018. The instruments of this study were the ARCS questionnaire and the observation sheet. Data were analyzed quantitatively using mean central tendency statistics. Based on the results of data analysis shows that the students of Tadris Physics FTK UIN Antasari Banjarmasin have an average score of motivation to learn 4.06 with good criteria.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anderman, E. M. (2010). Reflections on Wittrock’s generative model of learning: a motivation perspective. Educational Psychologist, 45(1), 55–60.
Blašková, M. (2014). Influencing academic motivation, responsibility and creativity. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 159, 415–425.
Fitriah, L. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Generatif Berintegrasi IMTAK Pada Materi Ajar Listrik Dinamis Bagi Siswa Kelas X Man 1 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 178–190.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2015). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1).
Jamal, M. (2009). Pengembangan Teknik Pemodelan Fisika Melalui Pengajaran Langsung pada Perkuliahan Fisika Dasar. Tesis Magister. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya. Tidak dipublikasikan.
Jamal, M. A., & Salam, A. (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Ms 6 di SMA Negeri 2 Banjarmasin melalui Strategi Arcs dalam Setting Pengajaran Langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 144–151.
Latifah, S., & Ratnasari, R. (2016). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Tata Surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1).
Laurenty, F., Rahmad, M. R. M., & Yennita, Y. (2018). Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Integrasi Sains dan Agama untuk Meningkatkan Motivasi Belajar IPA Fisika Siswa. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 1–9.
Mahedy, K. S. (2012). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Ipa Mahasiswa Jurusan Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. In Prosiding APTEKINDO, 6(1).
Mastuang, M. (2015). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Model Pengajaran Langsung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 11(2), 113–119.
Mawaddah, M. (2015). Pengembangan LKS Dengan Strategi Motivasi ARCS Di SMA (Materi Sistem Koordinasi). BioEdu, 4(2).
Normaliani, N., Jamal, M. A., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa melalui Penerapan Model Pengajaran Langsung dengan Metode Demonstrasi. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 21–30.
Nugroho, C., & Pramukantoro, J. A. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar Mahasiswa Berdasarkan Latar belakang Sekolah pada Mata Kuliah Praktik Dasar Listrik dan Matematika Teknik 1 terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa S1 PTE UNESA tahun angkatan 2012. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(1), 97–104.
Ratumanan, T., & Laurents, T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.
Sabda, S. (2009). Model Pengembangan Kurikulum Terintegrasi Sainstek dengan Imtaq. Banjarmasin: Antasari Press.
Salam, A., Prabowo, P., & Supardi, Z. I. (2015). Pengembangan perangkat perkuliahan inovatif berdasarkan tingkat otonomi pebelajar pada perkuliahan Fisika Dasar. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 4(2), 547–556.
Santiani, S. (2013). Kemampuan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Fisika Stain Palangka Raya Pada Praktikum Fisika Dasar I. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 1(2).
Sardiman, A. (2007). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Slavin, R. E. (2006). Educational Psycholog: Theory and Practice 8th ed. USA: Pearson.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Termtachatipongsa, P. (2014). Instructional Context, Motivational beliefs, Attitude and Strategies in Teaching Genetics for Conceptual Change. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 116, 2023–2029.
Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, M. (2009). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, A. M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Mata Kuliah Fisika Modern Materi Radiasi Benda Hitam Fisika . Jurnal Sains Dan Pendidikan, 11(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4917
Article Metrics
Abstract view : 695 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 514 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License