Pengembangan Modul Fisika Berbasis Model Pembelajaran Assurance, Relevance, Interest, Assessment, And Satisfaction (ARIAS) Pada Materi Kalor dan Perpindahannya
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak tersedianya modul fisika yang menjadi pendukung materi yang diajarkan oleh guru yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa. Dalam hal ini, modul fisika dihubungkan dengan model pembelajaran ARIAS yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran khususnya pada materi kalor dan perpindahannya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kelayakan modul Fisika berbasis model pembelajaran ARIAS yang layak digunakan dalam pembelajaran, dengan tujuan khusus yaitu mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul fisika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek ujicoba adalah 30 siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pulau Sembilan. Data diperoleh melalui lembar validitas, angket kebutuhan guru dan siswa, dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) validitas berupa isi, tampilan, dan aspek bahasa modul berkategori valid dengan nilai yaitu 91%, 86%, dan 80%, (2) kepraktisan modul berkategori praktis dengan skor rerata 3,35, dan (3) efektivitas modul berkategori tinggi dengan skor N-gain yaitu 0,72, menunjukkan bahwa modul berkategori tinggi. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa modul fisika berbasis model pembelajaran ARIAS pada materi kalor dan perpindahannyanya layak digunakan dalam.
This research is motivated by the unavailability of physics module which become supporter of material taught by teacher that match with characteristic and requirement of student. In this case, the physics module is related to the ARIAS learning model which can help the students in understanding the learning materials especially on the matter of heat and its movement. The purpose of this study is to describe the feasibility of Physics module based on ARIAS learning model which is feasible to be used in learning, with the special purpose of describing the validity, practicality, and effectiveness of physics module. This research is a development research using ADDIE development model. The test subjects are 30 students of grade XI SMA Negeri 1 Pulau Sembilan. Data obtained through validity sheet, questionnaire of teacher and student needs, and test of learning result. The results showed that: (1) the validity of the content, appearance, and module aspects of categorical languages valid with the value of 91%, 86%, and 80%, (2) practical practical module practicability with a mean score of 3.35, and (3) ) the effectiveness of the high-categorized module with the N-gain score of 0.72, indicating that the module is categorized high. The conclusions of this study indicate that physics module based on ARIAS learning model on heat material and its transfer is feasible to be used.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anjariyah, A., & Karlina, L. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) Berbantu Media Lingkungan Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP pada Materi Aritmetika Sosial. In Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I) (pp. 353–362).
Fadhilah, M. N. (2015). Pengembangan Modul Subtema Sumber Energi berbasis Model Pembelajaran ARIAS untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV di MI Hidayatul Mubtadi’in Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/5364/1/11140001.pdf
Hake, R. R. (1998). Analyzing Change/Gain Score. Departement of Physics Indiana University.
Hamid, A. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya.
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(I), 11–26.
Mayun, I. D. A. A. I., Yudana, I. M., & Sunu, I. G. K. A. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Arias Dengan Setting Group Investigation Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Kuta Kabupaten Badung. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 5(1).
Noorhidayati, N., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-A SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin Pada Materi Ajar Konsep Zat Dengan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Dan Satisfaction). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 117–126.
Nurhafizah, N., Zainuddin, Z., & An’nur, S. (2015). Pengembangan Modul Fisika Kelas VII SMP/MTs Berbasis Interelasi Al-qur’an dan Sains pada Materi Ajar Kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 1–10.
Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul Fisika Berintegrasi Kearifan Lokal Membuat Minyak Lala Untuk Melatih Karakter Sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272–285.
Permata, S. D., Sutijan, M. I. S., & WA, I. R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Perubahan Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 4(8).
Pribadi, B. A. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Purnamasari, N., Zainuddin, Z., & Suyidno, S. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1), 40–46.
Rahman, M., & Amri, S. (2014). Model Pembelajaran ARIAS Terintegratif. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Rahmayanti, P. R., Wati, M., & Mastuang, M. (2016). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Somatic, Auditory, Visual, and Intellegent untuk Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 192–200.
Samudra, G. B., Suastra, I. W., & Suma, K. (2014). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja Dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).
Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV (161–164).
Sulistyaningrum, D. E., Karyanto, P., & Sunarno, W. (2015). Pengembangan Modul Berbasis Model Pembelajaran ARIAS untuk Memberdayakan Motivasi dan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 4(1), 104–116.
Sundayana, R. (2013). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.
Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Turnip, B. M., & Khairani, Z. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis Di Kelas X Sm II SMA Cerdas Murni TP 2014/2015. Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, 2(1), 30–34.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4918
Article Metrics
Abstract view : 1321 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1802 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License