Pengembangan Materi Ajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Berorientasi Lingkungan Lahan Basah
Abstract
Materi ajar yang berorientasi lingkungan lahan basah belum tersedia di sekolah. Oleh karena itu, dilakukan penelitian dengan tujuan mendeskripsikan kelayakan materi ajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif berorientasi lingkungan lahan basah. Tujuan khusus penelitian adalah mendeskripsikan: (1) validitas materi ajar, (2) kepraktisan materi ajar, dan (3) efektivitas materi ajar. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Subjek ujicoba adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 27 Banjarmasin. Data diperoleh melalui lembar validasi, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, tes hasil belajar dan lembar kerja siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) validitas materi ajar berkategori valid, (2) kepraktisan materi ajar berkategori baik, dan (3) efektivitas materi ajar berdasarkan hasil belajar produk berkategori sedang dan berdasarkan hasil belajar proses berkategori baik. Simpulan penelitian adalah materi ajar IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif berorientasi lingkungan lahan basah layak digunakan dalam pembelajaran.
Teaching material that wetland environment oriented is not yet available in schools. Therefore, conducted a research with the aim of describing the feasibility of science teaching material using the cooperative learning model that wetland environment oriented. The specific purpose of research to describe: (1) the validity of teaching material, (2) the practicality of teaching material, and (3) the effectiveness of teaching material. Type of research is research and development by using ADDIE development model. The samples of the subject were students in VIII-B SMP Negeri 27 Banjarmasin. The data obtained through validation sheet, observation sheet of lesson plan implementation, test of learning result and student worksheet. The data were analyzed descriptively quantitative and qualitative. The result of the research shows: (1) validity of teaching material is valid category, (2) practicality of teaching material is good category, and (3) effectiveness of teaching material based on product learning result is medium category and based on process learning result is good category. The conclusion of this research is the Science teaching material using the cooperative learning model that wetland environment oriented is feasible to use in learning activity.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adawiyah, R. (2013). Pengembangan Kearifan Sikap dan Perilaku Melalui Pendidikan Lingkungan Berbasis Lahan Basah. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(8), 63–75.
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatimah, S., Jamal, M. A., & Suyidno, S. (2016). Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 224–2366.
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 4(2), 94–103.
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ihsan, I. N., Jamal, M. A., & Salam, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Lingkungan Sekitar Bantaran Sungai Barito Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 29–45.
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Mulyasa, E. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustaming, A., Cholik, M., & Nurlaela, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Pendidikan Vokasi: Teori & Praktik, 3(1), 81–95.
Nugroho, U., & Edi, S. S. (2009). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berorientasi keterampilan proses. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 107–111.
Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Banjarmasin: Diva Press.
R. R. Hake. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Inductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 65–74.
Sani, R. A. (2016). Penilaian Autentik. Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
Selvia, M., Arifuddin, M., & Mahardika, A. I. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Topik Fluida Berorientasi Masalah Lahan Basah Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 213–222.
Soendjoto, M. A. (2016). Sekilas tentang Lahan-basah dan Lingkungannya. In Prosiding Seminar Universitas Lambung Mangkurat 2015 “Potensi, Peluang, dan Tantangan Pengelolaan Lingkungan Lahan-basah Secara Berkelanjutan”, ISBN:978-602-9092-91-2, 1-20.
Suyidno, S., & Jamal, M. . (2012). Strategi Belajar Mengajar Pegangan bagi Pembelajar Kreatif, Inovatif dan Berkarakter. Banjarmasin: Microteaching FKIP ULM.
Tegeh, I. M., & Dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4919
Article Metrics
Abstract view : 1369 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1784 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License