Analisis Respon Peserta Didik dalam Implementasi Lembar Kerja Berorientasi Pemecahan Masalah

Muhammad Syahrul Kahar, Muhamad Ruslan Layn

Abstract


Proses pembelajaran di kelas masih banyak dilakukan secara konvensional, hal ini berdampak pada aktivitas dan respon peserta didik dalam pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru lebih membosankan yang mengakibatkan peserta didik kurang aktif, kurang termotivasi dalam pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi respon peserta didik dalam implementasi lembar kerja yang berorientasi pemecahan masalah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang dikumpulkan berupa lembar respon peserta didik dan wawancara. Populasi sekaligus sampel yang digunakan yakni peserta didik kelas XI MIA SMA Muhammadiyah Al Amin Sorong yang berjumlah 18 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase respon peserta didik terhadap implementasi Lembar kerja peserta didik adalah 77,78 %, persentase tersebut sudah termasuk dalam kategori  setuju yang lebih dominan, artinya kriteria tersebut termasuk dalam kategori positif. Dari rata-rata perolehan itu, 22,22 % atau sebanyak 4 peserta didik menjawab sangat setuju terhadap implementasi Lembar kerja tersebut Temuan ini memperjelas bahwa persepsi akan respon peserta didik terhadap pelaksanaan pembelajaran menggunakan Lembar kerja peserta didik berorientasi pemecahan sangat positif dan juga memicu peningkatan kemampuan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.

 

The process of learning in the classroom is still mostly done conventionally; this has an impact on the activities and responses from learners in the lessons learned by the teacher is more over and over which resulted in less active students, less motivated in learning. The purpose of this research is to identify the perceptions of the learners' responses to the implementation of the problem-oriented learner workbook. The research method using the quantitative approach, the data collected in the form of responders letters and interviews. Population, as well as samples used, are students of class XI MIA SMA Muhammadiyah Al Amin Sorong which amounted to 18 students. The results showed that the average percentage of learners' response to the implementation of the learner's worksheet is 77.78%, the percentage is already included in the agreement on category more dominant, meaning the criteria were included in the positive category. From the average of the acquisition, 22.22% or as many as four students answered strongly agree on the implementation of the Worksheet. This finding make clear that the perceptions of the learners' response to the implementation of learning to use the worksheet oriented solving very positive and also trigger an increase in ability learners in following the lesson.


Keywords


Respon Peserta didik, Pembelajaran Fisika, Lembar Kerja Peserta didik

Full Text:

PDF

References


Demoin, D. W., & Jurisson, S. S. (2013). Chemical kinetics laboratory discussion worksheet. Journal of Chemical Education, 90(9), 1200–1202. Retrieved from https://doi.org/10.1021/ed400059f

Diani, R., & Syarlisjiswan, M. R. (2018). Web-Enhanced Course Based On Problem-Based Learning (PBL): Development Of Interactive Learning Media For Basic Physics II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7, 105–116. Retrieved from https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v7i1.2849

Fitriah, L. (2018). Motivasi Belajar Mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Antasari Banjarmasin Pada Perkuliahan Fisika Dasar 1 Dalam Setting Strategi Motivasi ARCS. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 157. Retrieved from https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4917

Kahar, M. S. (2017). Analisis Minat Belajar Mahasiswa Terhadap Penggunaan Alat Peraga Neraca Cavendish. SEJ (Science Education Journal), 1(2), 73. Retrieved from https://doi.org/10.21070/sej.v1i2.1177

Kahar, M. S. (2018). Motivation Analysis Learning in The Implementation of Physics Practicum. Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 8(1), 1–6. Retrieved from http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/2285/1858

Khoiri, A., Nasihah, U., & Kahar, S. (2017). Analisis Prestasi Belajar Fisika Berpendekatan SETS di Tinjau dari Motivasi Berprestasi. JRKPF UAD, 4(2), 83–89.

Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130–141.

Riduwan, R. (2013). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfa Beta.

Saparini, S., Wiyono, K., & Ismet, I. (2016). Inkuiri Untuk Melaksanakan Praktikum Secara Virtual. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 1–17.

Supartono, S., Wijayati, N., & Sari, A. H. (2009). Kajian Prestasi Belajar Siswa Sma Dengan Metode Student Teams Achievement Divisions Melalui Pendekatan Chemo-Entrepreneurship. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 3(1), 337–344.

Suriasa, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Menggunakan LKS Berbasis Scientific Aproach Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 190. Retrieved from https://doi.org/10.20527/bipf.v6i2.4853

Tanti, T., Jamaluddin, J., & Syefrinando, B. (n.d.). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Beliefs Siswa tentang Fisika dan Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 23. Retrieved from https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.603

Usman, M. B., & Asnawir, H. (2002). Media pembelajaran. In Ciputat Pres.

Widyaningrum, R., Sarwanto, S., & Karyanto, P. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi Poe (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Padamateri Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi, 6(1), 100–117.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5054

Article Metrics

Abstract view : 421 times
PDF - 1079 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

                    

The journal has been listed in:

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

 

 

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License