Kemampuan Literasi Sains Fisika Siswa SMP Kelas VII Di Sumatera Selatan Menggunakan Kerangka PISA (Program for International Student Assesment)

Nely Andriani, Saparini Saparini, Hamdi Akhsan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains fisika siswa SMP Kelas VII di Sumatera Selatan menggunakan kerangka PISA. Metode penelitian adalah deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan gambaran kemampuan literasi sains dalam IPA (fisika) siswa tanpa memberikan perlakuan kepada siswa. Teknik pengumpulan data berbentuk tes tertulis.  Penilaian disesuaikan dengan kriteria penilaian PISA. Variabel penelitian ini adalah pencapaian kemampuan literasi sains siswa pada konten fisik. Sampel diambil dengan menggunakan purposive sampling meliputi SMP N 1 kota Palembang, SMP N 1 kota Prabumulih, dan SMP N 1 kabupaten Ogan Ilir pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Hasil Penelitian diperoleh persentase pencapaian siswa yang paling tinggi pada level 2 sebesar 54,9 dan terendah pada level 5 yaitu hanya sebesar 28,1 dari skala maksimum 100. Secara keseluruhan rerata persentase hasil kemampuan literasi sains siswa SMP di Sumatera Selatan berdasarkan Kompetensi Proses Sains, yaitu 47,1. Hasil penelitian menunjukan kemampuan literasi sains siswa SMP di Sumatera Selatan secara keseluruhan ditinjau dari level soal dan kompetensi proses sains diperoleh hasil masih sangat rendah.

 

This research aims to analyze the ability of Physics Science Literacy of Grade VII Middle School Students in South Sumatra by using the PISA Framework. The research method is a quantitative descriptive method that aims to get a picture of scientific literacy abilities in science (physics) students without giving treatment to students. The assessment is adjusted to the PISA assessment criteria. The variables of this study was the achievement of students' science literacy skills in physical content. Data collection techniques by written tests. Samples were taken using purposive sampling and the research sample are SMP N 1 kota Palembang, SMP N 1 kota Prabumulih, dan SMP N 1 Kabupaten Ogan Ilir The results of the study showed that the highest percentage of student’s achievement at level 2 was 54.9 and the lowest was at level 5, which was only 28.1 from the maximum 100 scale. While the overall percentage of the results of the scientific literacy skills of junior high school students in South Sumatra was based on Science Process Competence. that is 47.1. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that the scientific literacy skills of junior high school students in South Sumatra as a whole in terms of the level of questions and competency of science processes are still very low.


Keywords


Literasi Sains; Program for International Student Assesment

Full Text:

PDF

References


Adholpus, T., & Arokoyu, A. A. (2012). Improving Scientific Literacy among Secondary School Student through Integration of Information and Communication Technology. APRN Journal Science and Technology, 2(5), 444–448.

Aisyah. (2013). Pengembangan Soal Tipe PISA di Sekolah Menengah Pertama. Journal Education, 3(1), 27–34.

Imaningtyas, C. D., Karyanto, P., Nurmiyati, N., & Asriani, L. (2016). Penerapan E-Module Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Literasi Sains dan Mengurangi Miskonsepsi pada Materi Ekologi Siswa. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 4–10.

Kurnia, F., & Fathurohman, A. (2014). Analisis Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI di Kecamatan Indralaya Utara Berdasarkan Kategori Literasi Sains. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 43–47.

Lailly, N. R., & Wisudawati, A. W. (2015). Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Soal UN Kimia SMA Rayon B Tahun 2012/2013. Jurnal Kauinia, 11(1), 27–39.

Mendikbud. (2013). Wawancara dengan Mendikbud terkait Kurikulum 2013. http://litbang.kemdikbud.go.id.

Nofiana, M. (2017). Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP di Kota Purwokerto Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. JSSH (Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora), 1(2), 77–84.

O.E.C.D. (2012). PISA 2012 Result : What Student Know and Can Do Vol I. OECD.

O.E.C.D. (2013). PISA 2015 Draft Science Framework. OECD.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Puspitasari, A. D. (2015). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Omega: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2), 1–5.

Rahayuni, G. (2016). Hubungan keterampilan berpikir kritis dan literasi sains pada pembelajaran IPA terpadu dengan model PBM dan STM. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 131–146.

Rakhmawan, A., Setiabudi, A., & Mudzakir, A. (2015). Perancangan pembelajaran literasi sains berbasis inkuiri pada kegiatan laboratorium. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 143–152.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta (Vol. 18).

Sadler, T. D., & Zeidler, D. L. (2009). Scientific literacy, PISA, and socioscientific discourse: Assessment for progressive aims of science education. Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching, 46(8), 909–921.

Safitri, A., Erman, E., & Admoko, S. (2016). Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Literasi Sains SMP. Pendidikan Sains, 4(2).

Sari, D. N. A., Rusilowati, A., & Nuswowati, M. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(2), 114–124.

Sari, W. S. P., Ismet, I., & Andriani, N. (2017). Desain Instrumen Soal IPA serupa PISA pada Sekolah Menengah Pertama. In Seminar Nasional Pendidikan IPA (Vol. 1, No. 1, pp. 697-703).




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5288

Article Metrics

Abstract view : 5626 times
PDF - 7497 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License