Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa

Eka Trisianawati, Tomo Djudin, Yayuk Dwi Stianingsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran NHT, 2) perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran NHT, dan 3) besar efektivitas model pembelajaran NHT terhadap hasil belajar siswa dikelas X SMAN 1 Sungai Raya. Metode penelitian ialah metode eksperimen (Pre-Experimental Design) dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Sungai Raya yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian ini ialah kelas X IPA5 sebagai kelas eksperimen, dengan menggunakan teknik purporsive sampling.  Instrumen untuk mengukur hasil belajar siswa menggunakan tes essay. Data dianalisis dengan menggunakan uji rata-rata, uji pair sample t-test, dan effect size.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat peningkatan skor rata-rata hasil belajar siswa dari 45,0 menjadi 77,8, 2) Dari hasil analisis data menggunakan uji pair sample t-test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran NHT, dan 3) Nilai Effect Size sebesar 2,2 yang termasuk dalam kategori tinggi. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran NHT pada materi gerak lurus berubah beraturan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Sungai Raya.

 

This study aims to analyze: 1) student learning outcomes before and after applying the NHT learning model, 2) differences in student learning outcomes before and after applying the NHT learning model, and 3) the effectiveness of NHT learning models on student learning outcomes in class X SMAN 1 Sungai Raya. The research method is the experimental method (Pre-Experimental Design) with One-Group Pretest-Posttest Design. The study population was all students of class X Science at Sungai Raya 1 State High School consisting of 5 classes. The sample of this study is class X IPA5 as an experimental class, using purposive sampling technique. Instrument to measure student learning outcomes using an essay test. Data were analyzed using an average test, pair sample t-test, and effect size. The results show that: 1) there is an increase in the average score of student learning outcomes from 45.0 to 77.8, 2) From the results of data analysis using pair sample t-test can be concluded that there are significant differences in student learning outcomes before and after applying the NHT learning model, 3) Effect Size values of 2.2 which is included in the high category. It was concluded that the application of NHT learning  model affecting the learning outcomes of class X students of  SMAN  1 Sungai Raya, of the subject matter rectilinear motion with constant acceleration.


Keywords


Model Pembelajaran NHT; Hasil Belajar;Gerak Lurus Berubah Beraturan

Full Text:

PDF

References


Adi, S. M., Jamal, M. A., & Hartini, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIIB SMP Negeri 1 Amuntai Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 154–161.

Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24.

Azmi, S. R. M. (2015). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains Siswa di Kelas V SD Negeri 010145 Labuhan Ruku TP 2013/2014. Jurnal Manajemen Informatika Dan Teknik Komputer, 1(2), 130–135.

Haydon, T., Maheady, L., & Hunter, W. (2010). Effects of numbered heads together on the daily quiz scores and on-task behavior of students with disabilities. Journal of Behavioral Education, 19(3), 222–238.

Huda, M. (2014). Cooperative Learning (Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan). Yogyakarta: Pustaka Terapan.

Isjoni, I. (2011). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Kagan, S. (1989). The structural approach to cooperative learning. Educational Leadership, 47(4), 12–15.

Kusumawati, H., & Mawardi, M. (2016). Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan STAD Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 251–263.

Lince, R. (2016). Creative Thinking Ability to Increase Student Mathematical of Junior High School by Applying Models Numbered Heads Together. Journal of Education and Practice, 7(6), 206–212.

Lubis, F. M., & Harahap, M. B. (2015). Effects of Cooperative Learning Model Type Numbered Heads Together Using Simulation Media Phet and Activities Toward Student Results. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 4(2), 35–40.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Melita, M., Zainudin, Z., & Mastuang, M. (2015). Perangkat Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe NHT Berbantuan Gerakan Senam Otak pada Pokok Bahasan Gerak. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 183–191.

Muliyati, M., Muchtar, R., Hala, Y., & Jumadi, O. (2018). Peningkatan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Masamba. UNM Journal of Biological Education, 1(1), 6–14.

Paembonan, R. D., Hamid, A. H. A., & Rochaminah, S. (2014). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penarikan kesimpulan logika matematika di kelas X SMA GPID Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1).

Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 130–141.

Purnomo, B. E., Sinon, I. L., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Implementation of NHT Type Co-operative Model to Increase the Participation and Achievement of Physics Learning. Sainsmat, 6(1).

Rasyid, A. (2015). Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di SMP Negeri 2 Poso. Mitra Sains, 3(1).

Sholehah, S., Jamal, M. A., & An’nur, S. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(3), 203–215.

Trianto, T. (2015). Model Pembelajaran terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v6i3.5295

Article Metrics

Abstract view : 1817 times
PDF - 1588 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License