Pengembangan Modul Fisika STEM Terintegrasi Kearifan Lokal “Beduk” untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP

Farida Amrul Almuharomah, Tantri Mayasari, Erawan Kurniadi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika STEM terintegrasi kearifan lokal “Beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Desain penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kecamatan Balong dengan melibatkan 38 siswa kelas VIII. Data kemampuan berpikir kreatif diukur  melalui tes dan observasi. Kuesioner digunakan untuk mengetahui kelayakan modul berdasarkan validasi ahli dan respon siswa. Hasil menunjukkan modul layak digunakan berdasarkan validasi ahli dengan kategori sangat layak dan didukung respon siswa dengan kategori baik. Kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat dengan N-gain sebesar 0,92 dengan kategori tinggi. Modul Fisika STEM terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif ini layak digunakan sebagai pendamping buku paket di sekolah.

 

Abstract: This study aims to develop a STEM physics module integrated with "Beduk" local wisdom to improve junior high school students' creative thinking skills. The research design used was Research and Development (R&D) with the ADDIE model. The research was conducted in the SMPN 2 Balong involving 38 class students VIII. The creative thinking ability were measured through tests and observations. The questionnaire was used to determine the feasibility of the module based on expert validation and student responses. The results show that the module is feasible to use based on expert validation, with very feasible categories and supported by students' responses in good categories. Students' creative thinking ability increases with N-gain of 0.92 with a high category. The STEM physics module integrates "beduk" local wisdom to improve creative thinking skills worthy of being used as a companion to school textbooks.

 

 


Keywords


pengembangan, STEM, kearifan lokal, berpikir kreatif

Full Text:

PDF

References


Almuharomah, F. A., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan berpikir kreatif fisika siswa SMP. in Quantum: Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (pp. 495-499).

Anggraini, F. I., & Huzaifah, S. (2017). Implementasi STEM dalam pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama. Seminar Nasional Pendidikan IPA (hal. 722).

Branch, L. J. (2014). The impact of project-based learning and technology on student a chievement in mathematics. in New Media, Knowledge Practices and Multiliteracies Science & Business Media (pp. 259-268). Singapore: Springer.

Bybee, R. (2013). STEM education challenges and opportunities. Virginia: NSTA Press.

Byme, D. B. (2014). The FaSMEd project : Low-attaininglearners in science and mathematics. Ireland: Maynooth University.

Dewi, H. R., Mayasari, T., & Handhika, J. (2017). Peningkatan ketrampilan berpikir kreatif siswa melalui penerapan inkuiri terbimbing berbasis STEM. In Prosiding SNPF (Seminar Nasional Pendidikan Fisika)(pp. 47-53).

Dwiantara, G. A., & Masi, L. (2016). Pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran open-ended terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 57-63.

Han, S., Capraro, R., & Carpraro, M. M. (2014). How science, technology, engineering, and mathematics (STEM) project- based learning (PBL) affects hight, middle, and low achievers differently : The impact of student factors on achievement. Internasional Journal of Science and Mathematics Education, 13(5), 1089-1113.

Kim, K. H. (2011). The creativity crisis : The decrease in creative thinking scores on the torrance test of creative thinking. Creativity Research Journal, 23(4), 285-295.

Lawshe, C. (1975). A quantitative approach to content validity. Personal Psychology, 28(4), 563-575.

Molenda, M. (2003). In search of the elusive ADDIE model. Performance Improvement, 42(5), 34-36.

Munandar, U. (2012). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, R. A. (2018). HOTS (kemampuan berpikir tingkat tinggi) : konsep,pembelajaran,penilaian,dan soal-soal. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Permanasari, A. (2016). STEM education : Inovasi dalam pembelajaran sains. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 3, pp. 23-34).

Prasetyo, Z. K. (2013). Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. In PROSIDING: Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (Vol. 4, No. 1).

Suastra, I. W. (2010). Model pembelajaran sains berbasis budaya lokal untuk mengembangkan kompetensi dasar sains dan nilai kearifan lokal di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(1).

Sudarma, M. (2016). Mengembangkan keterampilan berpikir kreatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Sukmana, R. W. (2017). Pendekatan science, technology, engineering, and mathematics (STEM) sebagai alternatif dalam mengembangkan minat belajar peserta didik sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar , 2(2), 192-193.

Tseng, K.-H., Chang, C.-C., Lou, S.-j., & Chen, W.-P. (2013). Attitude towards science, technology, engineering, and mathematics (STEM) in a project- based learning (PjBL) environment. International Journal of Technology and Desing Education, 23(1), 87-102.

Utami, I., Septiyanto, R., & Suryana, A. (2017). PengembanganSTEM-A Berbasis Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 67-73.

Yuliani, H., Mariati, Yulianti, R., & Herianto, C. (2017). Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Sekolah Menengah Di Palangka Raya Menggunakan Pendekatan Saintifik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 3(1),48-59.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5630

Article Metrics

Abstract view : 5092 times
PDF - 3658 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License