Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pendekatan Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dengan Model Pengajaran Langsung

Vita Thersia, M Arifuddin, Misbah Misbah

Abstract


Abstrak: Kurangnya kemampuan siswa untuk menyelesaikan permasalahan dalam persoalan fisika berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui pendekatan SAVI dengan model pengajaran langsung. Tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); 2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Banjarmasin yang berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian siklus I dan siklus II yaitu:  1) Keterlaksanaan RPP dengan pendekatan SAVI dalam model pengajaran langsung dengan kategori sangat baik; 2) Kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dari skor 48 yang berkategori cukup baik menjadi 73 yang berkategori baik, serta telah mencapai ketuntasan klasikal yaitu 85,29 %. Diperoleh simpulan bahwa melalui pendekatan SAVI dengan model pengajaran langsung dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

 

Abstract: The low of students' ability to solve problems in physics affects the low learning outcomes of students. Therefore, research aimed to improve students problem-solving skills through SAVI approach with direct instruction model. The specific purpose of this research is to describe: (1) the implementation of lesson plan; (2) student problem-solving abilities. This type of research uses a classroom action research model Kemmis and Mc Taggart. This study consists of 2 cycles. The subjects of the study were the students of X grade IPA SMA Negeri 1 Banjarmasin, amounting to 34 students. Data collection is done through observation, test, and documentation. The data obtained were analyzed descriptively qualitative and quantitative. The results of research cycle I and cycle II are: (1) The implementation of lesson plan with SAVI approach in direct learning model increased; (2) problem-solving ability students increased from a score of 48 that categorized well enough to 73 who categorized well and has achieved classical completeness of 85,29 %. It is concluded that through the SAVI approach with the direct teaching model can improve students problem-solving abilities.


Keywords


pengajaran langsung, SAVI, kemampuan pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Amrita, P. D., Jamal, M. A., & Misbah, M. (2016). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Model Pengajaran Langsung Pada Pembelajaran Fisika Di Kelas X MS 4 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 248–261.

Ekasari, N., Santoso, S., & Muchsini, B. (2014). Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual Pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Cawas Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan UNS, 02(03).

Fauziah, A. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Smp Melalui Strategi React. Forum Kependidikan, 30(1), 1–13.

Heller, P., Keith, R., & Scott, A. (1992). Teaching problem solving through cooperative grouping (Part 1): Groupe Versus Individuel Problem Solving. American Journal of Physics, 60(7), 159–172. https://doi.org/10.1119/1.17117

Kusumawati, S. W. (2014). Penerapan Model Pembelajaran SAVI Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2).

Meier, D. (2002). The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. (R. Astuti, Ed.). Bandung: Kaifa.

Mustaming, A., Mochamad, C., & Lutfiah, N. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Memperbaiki Unit Kopling dan Komponen-Komponen Sistem Pengoperasiannya dengan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Otomotif SMK Negeri 2 Tarakan. Jurnal Pendidikan Vokasi: Teori Dan Praktek, 3(1), 81–95.

Priansa, D. J. (2015). Manajemen Siswa dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Ratumanan, T. G., & Theresia, L. (2011). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press.

Refina, R., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa Kelas X MS 3 SMAN 2 Banjarmasin Pada Materi Gerak Melingkar Melalui Pengajaran Langsung Bermetode Pemecahan Masalah. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 64–72.

Safputri, E. I., Zainuddin, & Mastuang. (2016). Materi Ajar Usaha Dan Energi Dengan Metode Problem Posing Dalam Setting Model Pengajaran Langsung Pada Siswa Kelas XI SMAN 4 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 91–98.

Tralita, D. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dengan Pendekatan Somatis-Auditori-Visual-Intelektual (SAVI) Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 4 Tambang.

Ulvah, S., & Afriansyah, E. A. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa ditinjau melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 2(2), 142–153.

Widoyoko, E. P. (2016). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5638

Article Metrics

Abstract view : 1871 times
PDF - 2831 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

                    

The journal has been listed in:

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

 

 

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License