Analisis Respon Siswa terhadap Penggunaan KIT Kalorimeter dalam Pembelajaran IPA Pokok Bahasan Kalor
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat respon siswa terhadap penggunaan KIT Kalorimeter dalam pembelajaran IPA pokok bahasan kalor. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas 7 MTs Alif Laam Miim Surabaya. Instrumen penelitian ini adalah angket. Hasil penelitian ini adalah rerata respon siswa terhadap penggunaan KIT Kalorimeter dalam pembelajaran IPA pokok bahasan kalor sebanyak 94%. Rerata prosentase sebesar 94% didapat dari prosentase pernyataan pertama sebanyak 95%, pernyataan kedua sebanyak 97%, pernyataan ketiga sebanyak 97%, pernyataan keempat sebanyak 87%, pernyataan kelima sebanyak 93%, dan pernyataan keenam sebanyak 93%. Berdasarkan prosentase tersebut, siswa menyatakan sangat setuju terhadap semua pernyataan yang diajukan terkait penggunaan KIT Kalorimeter dalam pembelajaran IPA pokok bahasan kalor. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan KIT kalorimeter dalam pembelajaran IPA untuk menjelaskan pokok bahasan kalor sangat diminati oleh siswa.
Abstract: This research is intended to find out students' responses towards the use of props Kalorimeter in studying the subject of Science under the topic of heat. The method used in this research is descriptive qualitative. The subjects were 25 students in class 7 MTs Alif Laam Miim Surabaya. The instrument used was the questionnaire. The result of this research shows that the average score of students' response is 94%. That percentage was taken from the average of the percentages of the 1st statement (95%), 2nd statement (97%), 3rd statement (97%), 4th statement (87%), 5th statement (93%) and the last one, the 6th statement (93%). Based on the score, students agreed with all statements stated in the questionnaire. It showed that the use of props Kalorimeter in studying science under the topic of heat was interested in the students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aldona, V., Sitompul, S. S., & Mursyid, S. (2015). Meningkatkan hasil belajar fisika menggunakan alat peraga papan optik di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(9).
Ariyawati, P. A. M., Waluyo, J., & Prihatin, J. (2017). Analisis respon siswa terhadap model Pairs, Investigation and Communication (PIC) dalam pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(1), 9–15.
Astuti, Y. D. A. (2017). Upaya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa materi gaya dan gerak dengan model pembelajaran picture and picture. Attarbiyah, 26, 283–308. https://doi.org/10.18326/attarbiyah.v26.283-308
Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon skala Likert (The measurement scale and the number of responses in Likert scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133.
Depdikbud. (2013). Permendikbud nomor 81A tahun 2013 tentang implementasikurikulum.
Gulo, M. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Gerak Melingkar Di Kelas X-5 SMA Negeri 3 Gunungsitoli Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Wahana Inovasi, 6(1), 1–14.
Hasyim, F. (2018a). Kecukupan kemampuan matematika bagi calon guru fisika. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Integrasinya, 01(02), 35–42.
Hasyim, F. (2018b). Mengukur kemampuan berpikir analitis dan keterampilan proses sains mahasiswa calon guru fisika STKIP AL Hikmah Surabaya. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(1), 80–89. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jipva.v2i1.591
Maharani, M., Wati, M., & Hartini, S. (2017). Pengembangan alat peraga pada materi usaha dan energi untuk melatihkan keterampilan proses sains melalui model Inquiry Discovery Learning (IDL terbimbing). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3).
Marliyah, M. (2014). Upaya meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan alat peraga konkrit pada siswa kelas 1A SDN Darungan 01 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(4), 153–162.
Nuwairah, N., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2018). Pemanfaatan barang bekas dalam pembuatan alat peraga dengan menggunakan model inquiry discovery learning terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 98–112.
Pagunanto, P., & Saefan, J. (2010). Penggunaan alat peraga multy board untuk meningkatkan hasil belajar IPA-Fisika padasiswa kelas VIII A di SMP Negeri 5 Demak tahun pelajaran 2008/2009. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 68–75.
Prima, E. C., Utari, S., Chandra, D. T., Hasanah, L., & Rusdiana, D. (2018). Heat and temperature experiment designs to support students’ conception on nature of science. JOTSE: Journal of Technology and Science Education, 8(4), 453–472.
Sambudi, A. (2009). Penggunaan alat peraga papan optik untuk meningkatkan hasil belajar pemantulan cahaya pada siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(1), 31–36.
Septiana, K. G., & Ikhsan, J. (2017). Pengaruh penerapan multiple intelligences dengan model PBL terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(1), 43–52.
Setiawan, B. (2011). Upaya peningkatan hasil belajar fisika melalui pemanfaatan media diagram alir kalor bagi siswa kelas sepuluh satu SMA 4 Kota Tegal 1. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(September), 115–122.
Setyowati, N., Susilo, B. E., & Masrukan, M. (2016). Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada materi peluang. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 24–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v7i1.4831
Subali, B., & Mariyam, S. (2013). Pengembangan kreativitas keterampilan proses sains dalam aspek kehidupan organisme pada mata pelajaran IPA SD. Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1625
Subhi. (2016). Peningkatan hasil belajar siswa meggunakan alat peraga pada pembelajar gerak benda bidang studi IPA di Kelas 1 SDN no 3 Siboang. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(1), 101–118.
Sukardjo, S. (2012). Evaluasi pembelajaran IPA. Yogyakarta: UNY.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v7i1.5875
Article Metrics
Abstract view : 1642 timesPDF - 1502 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License