Pengaruh Model Guided Discovery Learning Berbantuan Media Simulasi PhET Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa

Rian Hidayat, Lukman Hakim, Linda Lia

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh model guided discovery learning berbantuan media simulasi PhET terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Metode penelitian yang digunakan ialah kuasi eksperimen dengan desain the matching only post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 22 Palembang yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan mengambil 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes pemahaman konsep Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata pemahaman konsep kelas eksperimen = 85,00 dan kelas kontrol sebesar   = 71,92. Hasil uji-t berpasangan diperoleh    >  yaitu 8,17 > 1,67; yang berarti ada pengaruh secara signifikan penerapan model guided discovery learning terhadap pemahaman konsep fisika siswa. Diperoleh simpulan bahwa model guided discovery learning berbantuan media simulasi PhET secara signifikan berpengaruh terhadap pemahaman konsep fisika siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

       

The purpose of this study was to analyze the effect of guided discovery learning models assisted by media PhET simulation of the understanding of students' physics concepts. The research method used was quasi-experimental with the matching only post-test control group design. The population in this study was all students of class XI IPA SMA Negeri 22 Palembang consisting of 6 classes. Sampling was done by purposive sampling technique and took two classes as the experimental class and the control class. Data collection using concept understanding test instruments. The results showed that the mean understanding of the experimental class concept = 85.00 and the control class = 71.92. The results of the t-test are obtained t_count> t_table that is 8,17> 1,67; which means that there is a significant effect of the application of the guided discovery learning model to the understanding of students' physics concepts. It was concluded that the guided discovery learning model assisted by PhET simulation media significantly influenced the understanding of students' physics concepts compared to conventional learning.

 


Keywords


Guided Discovery Learning; Pemahaman Konsep; Simulasi PhET

Full Text:

PDF

References


Aprilia, L. (2015). Penerapan perangkat pembelajaran materi kalor melalui pendekatan saintifik dengan model pembelajaran guided discovery kelas x SMA. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3), 1–5.

Aqib, Z., & Murtadlo, A. (2016). Kumpulan metode pembelajaran kreatif dan inovatif. Bandung: Satunusa.

Ardianto, D., & Rubini, B. (2016). Comparison of students’ scientific literacy in integrated science learning through model of guided discovery and problem based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 31–37.

Carin, A. A. (1993). Teaching science through discovery. USA: Macmillan Publishing Company.

Fathiah, F., Kaniawati, I., & Utari, S. (2015). Analisis didaktik pembelajaran yang dapat meningkatkan korelasi antara pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA pada materi fluida dinamis. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 1(1), 111–138.

Fathul, M. M., & Mulyaningsih, S. (2014). Penerapan pembelajaran fisika pada materi cahaya dengan media PhET simulations untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(1), 76–80.

Habibbulloh, M., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran model guided discovery berbasis lab virtual untuk mereduksi miskonsepsi siswa smk topik efek fotolistrik. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya, 7(1), 27–43.

Hapsoro, C. A., & Susanto, H. (2011). Penerapan pembelajaran problem based instruction berbantuan alat peraga pada materi cahaya di SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 28–32.

Kariani, K., Ali, M., & Saehana, S. (2018). Pengaruh model pembelajaran guided discovery terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas vii SMP Negeri 9 Palu. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 29–39.

Khaerunnisak, K. (2018). Peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui simulasi physic education technology (PhET). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 7–12.

Krisdiana, A., & Supardi, Z. A. I. (2015). Penerapan pembelajaran guided discovery pada materi fluida dinamik dengan media PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sooko. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2), 133–140.

Lia, L. (2015). Multimedia Interaktif sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam bidang ilmu pendidikan sains. Jurnal Inovasi dan PembelajaranFisika, 2(2), 132–140.

Mastuang, M., Erliana, E., Misbah, M., & Miriam, S. (2017). Penerapan model discovery learning untuk meningkatkan karakter tanggung jawab dan kemampuan kognitif siswa. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 132–142.

Mursalin, M. (2014). Meminimalkan miskonsepsi pada materi rangkaian listrik dengan pembelajaran predict-observe-explain. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 20(1), 94–99.

Permana, N. A., Widiyatmoko, A., & Taufiq, M. (2016). Pengaruh virtual laboratory berbasis flash animation terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis peserta didik tema optik kelas viii SMP. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1354–1365.

Purnomo, Y. W. (2011). Keefektifan model penemuan terbimbing dan cooperatif learning pada pembelajaran matematika. Jurnal Kependidikan, 41(1), 37–54.

Purwanto, C. E., & Nughoro, S. E. (2012). Penerapan model pembelajaran guided discovery pada materi pemantulan cahaya untuk meningkatkan berpikir kritis. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1), 26–32.

Rahayu, S., & Erman, E. (2017). Penerapan pendekatan saintifik dengan media simulasi PhET pada materi gelombang untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 5(3), 253–256.

Roche, J., O’Neill, A., & Prendergast, M. (2016). An inquiry-based learning intervention to support post-primary engagement with science, technology, engineering and mathematics. European Journal of Science and Mathematics Education, 4(4), 431–439.

Rohim, F., Susanto, H., & Ellianawati, E. (2012). Penerapan model discovery terbimbing pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1), 1–5.

Sari, D. P., Lutfi, A., & Qosyim, A. (2013). Uji coba pembelajaran IPA dengan LKS sebagai penunjang media virtual PhET untuk melatih keterampilan proses pada meteri hukum Archimedes. Jurnal Pendidikan Sains E-Pensa, 1(2), 15–20.

Sudjana, S. (2013). Metoda statistika. Bandung: Tarsito.

Sulistyowati, N., Widodo, A. T. W. T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas model pembelajaran guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia. Chemistry in Education, 1(2), 49–55.

Suniati, N. M. S., Sadia, I. W., & Suhandana, G. A. (2013). Pengaruh implementasi pembelajaran kontekstual berbantuan multimedia interaktif tehadap penurunan miskonsepsi (studi kuasi eksperimen dalam pembelajaran cahaya dan alat optik di SMP Negeri 2 Amlapura). Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–13.

Syaifullah, R. B., & Jatmiko, B. (2014). Penerapan Pembelajaran dengan model guided discovery dengan lab virtual PhET untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi di SMAN 1 Tuban pada pokok bahasan teori kinetik gas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2), 174–179.

Widyaningsih, S. W., & I, Y. (2018). Penerapan simulasi PhET terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah fisika ii di program studi ilmu kelautan Universitas Papua. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 180–189.

Yuliani, K., & Saragih, S. (2015). The development of learning devices based guided discovery model to improve understanding concept and critical thinking mathematically ability of students at islamic junior high school of medan. Journal of Education and Practice, 6(24), 116–128.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5900

Article Metrics

Abstract view : 3693 times
PDF - 2081 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License