Efektivitas Buku Ajar Fisika Dasar 1 Berintegrasi Imtak dan Kearifan Lokal Melalui Model Pengajaran Langsung
Abstract
Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan efektivitas serta validitas dan kepraktisan penggunaan buku ajar Fisika Dasar 1 berintegrasi imtak dan kearifan lokal Kalimantan Selatan melalui model pengajaran langsung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan model pengembangan Dick and Carey. Subjek ujicoba penelitian ini ialah 17 orang mahasiswa semester 1 Program Studi Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Antasari. Data diperoleh melalui lembar validasi, tes hasil belajar, dan angket. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan buku ajar berkategori sedang dengan skor N-Gain sebesar 0,32; validitas buku ajar berupa isi, penyajian, dan bahasa berkategori sangat valid dengan kriteria validitas masing-masing aspek sebesar 93,75%; 92,36%; dan 95%.; dan kepraktisan buku ajar berkategori praktis dengan skor rata-rata 3,21. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa buku ajar tersebut efektif digunakan dalam perkuliahan Fisika Dasar 1.
The aim of this study is to describe the effectiveness and validity and practicality of the use of Basic Physics 1 textbooks with integrated faith and piety, and South Kalimantan local wisdom through the direct instruction model. This study is research and development, with the development model of Dick and Carey. The subjects of this study trial were 17 first-semester students in the Physics Tadris Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training (FTK) of UIN Antasari. The data ware obtained through the validation sheet, the test of learning result, and questionnaire. The data are analyzed quantitatively and qualitatively. The result of the research shows the effectiveness of textbooks usage is medium category with the N-Gain score of 0.32, the textbooks validity of the content, the appearance, and the language have very valid category with the values are 93.75%; 92.36%; and 95%, and the practicability is practical with a mean score of 3.21. The conclusion of this research is the textbooks is effective to use in Basic Physics 1 lecture.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriadi, R., Lufri, L., & Razak, A. (2013). Pengembangan modul biologi bermuatan pendidikan karakter pada materi reproduksi manusia kelas xi SMA. Kolaboratif, 1(2), 19–30.
Akbar, S. (2016). Instrumen perangkat pembelajaran. Bandung: PT Rosdakarya.
Alamsah, M., Khanafiyah, S., & Wiyatno, W. (2013). Penerapan pendekatan SETS pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan pengakuan terhadap keaguangan Sang Pencipta. Unnes Physics Education Journal, 2(3), 12–16.
Ali, M. (2018). Pengembangan modul fisika berbasis model pembelajaran assurance, relevance, interest, assessment, and satisfaction (ARIAS) pada materi kalor dan perpindahannya. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 247–263.
Almuharomah, F. A., Mayasari, T., & Kurniadi, E. (2019). Pengembangan modul fisika STEM terintegrasi kearifan lokal “beduk” untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 7(1), 1–10.
Anwar, S., & Elfiah, R. (2019). Science and Religious Integration (Implications for the development at science and religious integration (Implications for the development at UIN Raden Intan Lampung ). ]Ournal of Physics: IOP Conference Series, 1155 01209, 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012095
Arends, R. I. (2012). Learning to teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.
Arfianawati, S., Sudarmin, S., & Sumarni, W. (2016). Model pembelajaran kimia berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1), 46–51.
Arianti, I., Sahidu, H., Harjono, A., & Gunawan, G. (2016). Pengaruh model direct instruction berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4, 159–163.
Blašková, M. (2014). Influencing academic motivation, responsibility and creativity. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 159, 415–425.
Bruce, J., Weil, M., & Calhoun, E. (2011). Models of teaching model-model pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
BSNP. (2014). Instrumen Penilaian buku teks pelajaran fisika sekolah menengah atas/madrasah aliyah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2001). The systematic design of instruction (5th (ed). New York: Longman.
Eggen, P. D., & Kauchak, D. P. (2012). Strategies and models for teachers: Teaching content and thinking skills. Boston: Pearson.
Ekasari, R. R., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh model pembelajaran langsung berbantuan media laboratorium terhadap kreatifitas fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3, 106–110.
Ewing, B. (2011). Direct instruction in mathematics: Issues for schools with high indigenous enrolments: A literature review. Australian Journal of Teacher Education, 36(5), 64–91.
Fajarini, U. (2014). Peranan Kearifan Lokal Dalam Pendidikan Karakter. Sosio Didaktika: Social Science Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15408/sd.v1i2.1225
Fatimah, N., & Abdullah, A. A. (2013). Pengaruh Strategi Motivasi Attention, Relevance, Confidance, Satisfaction (ARCS) Dalam Model Pembelajaran Langsung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis Di Kelas X SMA Negeri 18 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(02), 75–77.
Fitriah, L. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran generatif berintegasi imtak pada materi ajar listrik dinamis bagi siswa kelas X MAN 1 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 178–190.
Fitriani, N. I., & Setiawan, B. (2017). Efektivitas modul IPA berbasis etnosains terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 71–76.
Fuad, Z., Misbah, M., Hartini, S., & Zainuddin, Z. (2018). Identifikasi kearifan lokal Kalimantan Selatan sebagai sumber belajar fisika kelas X. In Seminar Nasional Pendidikan Banjarmasin (pp. 158–169). Banjarmasin.
Habibi, M., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA fisika berorientasi kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pengajaran langsung pada pokok bahasan tekanan. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 1–17.
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 1(68), 64–74.
Harefa, A. R. (2017). Pembelajaran fisika di sekolah melalui pengembangan etnosains. Jurnal Warta, 53, 1–18.
Hartini, S., Firdausi, S., Misbah, M., & Sulaeman, N. F. (2018). The development of physics teaching materials based on local wisdom to train saraba kawa characters. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(2), 130–137.
Hartini, S., Isnanda, M. F., Wati, M., Misbah, M., An’nur, S., & Mahtari, S. (2018). Developing a physics module based on the local wisdom of Hulu Sungai Tengah regency to train the murakata character. In Journal of Physics: IOP Conference Series (pp. 1–6).
Hartini, S., Misbah, M., Helda, H., & Dewantara, D. (2017). The effectiveness of physics learning material based on South Kalimantan local wisdom. In AIP Conference Proceedings (Vol (pp. 1–7).
Hidayanto, F., Sriyono, S., & Ngazizah, N. (2016). Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Kearifan Lokal Untuk Mengoptimalkan Karakter Peserta Didik. Radia, 9(1), 24–29.
Hikmawati, H. (2008). Implementasi modul fisika SMP materi pokok gerak dengan menerapkan model pengajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif. Jurnal Pija, 3(1), 11–16.
Ilmiwan, B., Masril, M., & Darvina, Y. (2013). Pengaruh penerapan bahan ajar bermuatan nilai nilai karakter dalam model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar siswa kelas xi SMAN 1 Bukittinggi. Pillar of Physics Education, 2, 153–160.
Kusumawati, N. (2015). Pengembangan media pembelajaran IPA Dengan animasi macromedia flash berbasis model pengajaran langsung (direct instruction) di Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(2), 263–271.
Latifah, S. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi air sebagai sumber kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan FisikaAl-Biruni, 4(2), 155–164.
Latifah, S., & Ratnasari, R. (2016). Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi tata surya. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(20), 25–33.
Mardayani, S., Hamdi, H., & Murtiani, M. (2016). Pengembangan bahan ajar fisika yang terintegrasi nilai-nilai ayat Al-Quran pada materi gerak untuk pembelajaran siswa kelas X SMA. Pillar of Physics Education, 1(1), 39–47.
Mastuang, M., Misbah, M., Yahya, A., & Mahtari, S. (2019). Developing The Physics Module Containing Quranic Verses To Train The Local Wisdom Character Developing The Physics Module Containing Quranic Verses To Train The Local Wisdom Character. Journal of Physics: IOP Conference Series, 1171 01201, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012018
Misbah, & Fuad, Z. (2019). Pengintegrasian Kearifan Lokal Kalimantan Selaan dalam Pembelajaran Fisika. In Seminar Nasional Pendidikan Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM (pp. 294–302). Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Fisika FKIP ULM.
Nurhafizah, N., Zainuddin, Z., & An’nur, S. (2015). Pengembangan modul fisika kelas vii SMP/MTs berbasis interelasi Al-Qur’an dan sains pada materi ajar kalor. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 1–10.
Oktaviana, D., Hartini, S., & Misbah, M. (2017). Pengembangan Modul fisika berintegrasi kearifan lokal membuat minyak lala untuk melatih karakter sanggam. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(3), 272–285.
Pornpimon, C., Wallapha, A., & Prayuth, C. (2014). Strategy challenges the local wisdom applications sustainability in schools. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112, 626–634.
Pramadi, I. P. W. Y., Suastra, I. W., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh penggunaan komik berorientasi kearifan lokal bali terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep fisika. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3.
Safputri, E. I., Zainuddin, Z., & Mastuang, M. (2016). Pengembangan Perangkat pembelajaran fisika pada materi ajar usaha dan energi dengan metode problem posing dalam setting model pengajaran langsung pada siswa kelas xi SMAN 4 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 91–98.
Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh model pembalajaran langsung (direct instruction) melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta, 10(1), 1–10.
Sari, L., Zainuddin, Z., & Salam, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi pemahaman konsep pada materi energi dan perubahannya menggunakan model direct instruction (DI) di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 222–227.
Selvia, M., Arifuddin, M., & Mahardika, A. I. (2017). Pengembangan Bahan ajar fisika SMA topik fluida berorientasi masalah lahan basah melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(2), 213–222.
Selvizia, N., Zainuddin, Z., & Salam, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi kecerdasan logis-matematis pada pokok bahasan impuls dan momentum dengan menggunakan model direct instruction di SMA Muhammadiyah 1 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 104–111.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi pembelajaran: teori dan parktik di tingkat pendidikan dasar. Jakarta: Rajawali Press.
Syring, M., Kleinknecht, M., Bohl, T., Kuntze, S., Rehm, M., & Schneider, J. (2015). How problem-based or direct instructional case-based learning environments influence secondary school pre-service teachers’ cognitive load, motivation and emotions: A quasi-experimental intervention study in teacher education. Journal of Education and Human Development, 4(4), 115–129.
Trianto, T. (2010). Mendesain pembelajaran inovatif dan progresif: konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wagiran, W. (2012). Pengembangan karakter berbasis kearifan lokal hamemayu hayuning bawana: Identifikasi nilai-nilai karakter berbasis budaya. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(3), 329–339.
Wati, M., Hartini, S., Misbah, M., & Resy, R. (2017). Pengembangan modul fisika berintegrasi kearifan lokal Hulu Sungai Selatan. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 4(2), 157–162.
Wenno, H. (2014). Direct instruction model to increase physical science competence of students as one form of classroom assesment. International Journal of Evaluation and Research in Education, 3(3), 169–174.
Winarti, W. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika bermuatan integrasi islam-sains untuk menanamkan nilai-nilai spritual siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 1(2), 54–60.
Zainuddin, Z., Afniza, H. A., Mastuang, M., & Misbah, M. (2018). Developing a teaching material oriented to science and technology and local wisdom in wetland environment. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 274, 323–325
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v7i2.5909
Article Metrics
Abstract view : 4048 timesPDF - 1848 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License