Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Generatif Learning (GL) Pada Materi Ajar Wujud Zat dan Perubahannya

Winda Ariani, Zainuddin Zainuddin, Mustika Wati

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya fisika dikarenakan kurangnya keterlibatan atau keaktifan siswa selama proses pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan hasil belajar melalui model generatif learning. Jenis penelitian ini adalah PTK model Hopkins yang terdiri dari 2 siklus. Data diperoleh melalui THB, observasi, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) keterlaksanaan RPP pada siklus I pertemuan pertama 76,39% (baik), siklus I pertemuan kedua 79,86%     ( baik) dan siklus II 99,47% (sangat baik), (2) ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal siklus I pertemuan pertama 55,56% (tidak tuntas), siklus I pertemuan kedua 58,33% (tidak tuntas), pada siklus II 85,71% (tuntas), (3) miskonsepsi siklus I untuk pertemuan pertama 16,67%, siklus I untuk pertemuan kedua 16,67% dan pada siklus II 14,28%, sebagian siswa sulit menganalisis soal penjelasan dan hitungan, (4) respon siswa terhadap pembelajaran generatif learning, dimana rata-rata attention (perhatian) siswa 72,07% dengan kategori baik, relavace (keterkaitan) siswa 71,37% dengan kategori baik, confidence (keyakinan) siswa sebesar 72,30% dengan kategori baik, dan satisfaction (kepuasan) siswa 72,07% dengan kategori baik. Diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model generatif learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII G SMP Negeri 9 Banjarmasin pada pokok bahasan wujud zat dan perubahannya.

 

 

 


Keywords


Hasil belajar; generatif learning

References


Andrian, G. (2009). Pengembangan Model Generatif Learning pada Materi ajar Kalor di Kelas VIIB SMP Negeri 24 Banjarmasin. Banjarmasin: FKIP UNLAM. Tidak Dipublikasikan

Fitriah, L. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Genertaif Berintegrasi IMTAK pada Materi Ajar Listrik Dinamis Bagi Siswa Kelas X MAN 1 Banjarmasin. Banjarmasin: FKIP UNLAM. Tidak Dipublikasikan

Sari, Y, R. (2012). Penerapan Model Generatif Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Banjarmasin pada materi ajar Kalor. Banjarmasin: FKIP UNLAM. Tidak Dipublikasikan

Satori, Dja’man dan Aan komariah, (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v3i2.752

Article Metrics

Abstract view : 685 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1093 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License