Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Materi Pokok Cahaya

Christian Tiro, M. Arifuddin Jamal, Mastuang Mastuang

Abstract


Pembelajaran di SMP Negeri 21 Banjarmasin masih belum variatif, hal ini dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi fisika. Apabila hal ini terus dibiarkan tentu akan berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang layak dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) validitas perangkat pembelajaran ,(2) kepraktisan perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan RPP, (3) efektivitas perangkat pembelajaran ditinjau dari tes hasil belajar. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan yang mengacu pada model Dick and Carey. Data diperoleh melalui validasi perangkat pembelajaran, lembar pengamatan keterlaksanaan RPP, dan data hasil belajar siswa.Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid  dengan kategori baik, (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan praktis ditinjau dari keterlaksanaan RPP dengan kategori baik, (3) perangkat pembelajaran dinyatakan efektif ditinjau dari tes hasil belajar yang berkategori sedang. Dengan demikian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing pada pokok bahasan cahaya valid, praktis dan efektif.

 

 


Keywords


Pengembangan perangkat; penemuan terbimbing; cahaya

References


Ahyan, Shahibul. (2008). Tes dalam Dunia Pendidikan. http://eprints.walisongo.ac. id /1662/3/093511027-Bab2.pdf. Diakses, 20 Juli 2015.

Aunurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Hake, Richard R. (1999).Analyzing Change/Gain Score.http://www.physics.india-na.edu/-sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. Diakses, 20 April 2015.

Markaban. (2008). Model Penemuan Terbimbing pada Pembelajaran Matematika SMK. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.

Purnomo, Y.W, Mardiyana & Triyanto. (2011). Efektivitas Model Penemuan Terbimbing dan Cooperative Learning Ditinjau Dari Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Matematika.Prosiding Seminar NasionalMatematika. Surakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v3i2.757

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

                    

The journal has been listed in:

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

 

 

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License