Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbasis Karakter
Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa diduga karena kurangnya karakter yang dimiliki seorang siswa selama proses pembelajaran seperti tekun, tanggung jawab, kejujuran, santun, dan ketelitian serta kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan khusus penelitian ini untuk mengetahui: (1) kemampuan guru, (2) karakter siswa, (3) hasil belajar, (4) respon siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 2 siklus. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian: (1) kemampuan guru pada siklus I dan II berkategori sangat baik yaitu 86,3% dan 94,9%, (2) karakter siswa mengalami peningkatan pada semua aspek pada siklus I baik menjadi sangat baik pada siklus II, (3) ketuntasan hasil belajar siswa siklus I sebesar 82% (tidak tuntas), dan siklus II sebesar 92,3% (tuntas), (4) respon siswa terhadap pembelajaran adalah baik. Diperoleh simpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berbasis karakter efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMPN 1 Kertak Hanyar pada pokok bahasan tekanan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fattah, A. (2008). Pembangunan Karakter Unggul Generasi Penerus Bangsa. Jakarta: PT. Arga Publishing.
Muslim. Kurikulum (2013). http://bangmuslim.com. Diakses, 10 Maret 2013.
Muslich, M. (2007). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Ramly, M. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.
Ratumanan, T.G. & Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan Edisi 2.. Yayasan Pengkajian Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur dan UNESA, Surabaya.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjono, A. (2008). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suyidno, & Jamal, M. A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. P3AI Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v2i1.809
Article Metrics
Abstract view : 541 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 559 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by:
The journal has been listed in:
Statistics Counter
1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)
2. From December 28, 2018 to present (updated stats)
Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License