Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin Pada Mata Pelajaran IPA

Khairiah Khairiah, Mustika Wati, Sri Hartini

Abstract


Adanya faktor diri yang cenderung terabaikan dalam proses pembelajaran membuat tidak semua siswa memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk mengaktualisasikan segala potensi dirinya sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin pada Mata Pelajaran IPA. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII di MTsN Mulawarman Banjarmasin dengan sampel berjumlah 152 siswa, yang diambil dengan teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan nilai ulangan bulanan siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif korelasional dan metode analisis yang digunakan adalah korelasi-regresi. Hasil penelitian ini menemukan r = 0,941, sumbangan efektif dari variabel X sebesar 88,4%. Simpulannya terdapat hubungan positif yang sangat kuat dan signifikan antara kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin pada Mata Pelajaran IPA.

 

 


Keywords


Kepercayaan diri; Hasil Belajar; IPA

References


Amri, S. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. PT. Prestasi Pustakarya, Jakarta.

Dimyati & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, Syaiful B. (2011). Psikologi Belajar. Rineka Cipta, Jakarta.

Petranto, Ira. (2006). Rasa Percaya Diri adalah Pantulan Pola Asuh Orang Tua. Diakses melalui irapetranto.blogspot.com. Pada tanggal 19 Agustus 2015.

Rachman, Deva. (2010). Hubungan tingkat rasa percaya diri dengan hasil belajar. Skripsi Sarjana. Diakses melalui http:// repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3361/1/SITI%20NUR%20DEWA%20RACHMAN-FITK.pdf. Pada tanggal 19 Agustus 2015.

Suhendar, Asep. (2009). Pelatihan Tik untuk Guru. Diakses melalui asepsuhendar.wordpress.com. Pada tanggal 19 Agustus 2015.

Velayati, Akbar. (2013). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Kelumpang Hilir Terhadap Hasil Belajar Siswa di Bidang IPA dengan Frekuensi Belajar sebagai Variabel Mediasi. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v3i3.812

Article Metrics

Abstract view : 2736 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2138 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License