Komparasi Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Pembelajaran Berbasis Komputer Model Drill dan Model Tutorial

Arisa Desfiyani, Suyidno Suyidno, Sri Hartini

Abstract


Kurangnya antusias siswa karena tidak ada upaya guru untuk menggunakan multimedia seperti komputer sebagai variasi dalam proses pembelajaran menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA.  Tujuan penelitian ini adalahuntuk (1) mengetahui komparasi model drill dan tutorial dalam mengoptimalkan hasil belajar siswa, dan (2) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran berbasis komputer. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen dengan model pretest-posttest design dengan 2 macam perlakuan. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII D dan VIII E yang dipilih dengan metode probabilitas berupa convinience sampling dan jumlah siswa pada masing-masing kelas 28 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes hasil belajar, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, serta uji-t. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan pada hasil belajar siswa yang menggunakan PBK model drill dan model tutorial, dengan temuan (1) hasil belajar siswa yang menggunakan PBK model tutorial sedikit lebih baik daripada siswa yang menggunakan PBK model drill, dan (2) siswa menunjukkan respon yang baik terhadap pembelajaran berbasis komputer.

 

 


Keywords


Hasil belajar; pembelajaran berbasis komputer; model drill; model tutorial

References


Anonim. (2013). http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-2. Diakses, 5 April 2013.

Rusman. (2012). Model–Model Pembelajaran Mengembangkan Prefesionalisme Guru. Edisi kedua. Rajawali Pers, Jakarta.

Suyidno, dan Jamal, M.A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. P3AI Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v2i1.815

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

                    

The journal has been listed in:

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

 

 

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License