Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Dengan Latihan Berstruktur Terhadap Hasil Belajar Siswa

Hasanah Hasanah, Suyidno Suyidno, Mustika Wati

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan pembelajaran yang berlangsung tidak berbasis konstruktivis. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar dan (2) pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan quasi experimental dengan pretest-pottest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pada pengujian komparasi thitung = 3,19 > ttabel = 2,64 sehingga ada perbedaan antara pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar dan (2) pada pengujian korelasi rxy = 0,70 dan  thitung = 6,07 > ttabel = 1,69 sehingga pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan latihan berstruktur berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Diperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan latihan berstruktur berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Banjar Selatan 2 Banjarmasin pada materi ajar cahaya.

 


Keywords


Pembelajaran kooperatif tipe STAD; latihan berstuktur; hasil belajar

References


Anonim. (2013). Kurikulum 2013 Ajak Siswa Berpikir Kreatif. Diakses melalui http://www.kemdiknas.go.id/kemdik bud/berita/985 pada tanggal 3 Mei 2013.

Dimyati & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Jihad. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo.

Muhammad. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dan Latihan Berstruktur pada Pokok Bahasan Larutan Asam Basa. Jurnal Tasimak Vol II No 1. Diakses melalui http://abulyatama. ac.id/wpi-content/2012/101/Edisi-April-2011.pdf=51 pada tanggal 28 Februari 2013.

Murniaty. (2010). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Kimia Melalui Kombinasi Metode Diskusi dan Latihan Berstruktur. Jurnal Chemical Vol II Nomor 2. Diakses melalui http://ojs.unm.ac.id/index.php/view/492/pdf pada tanggal 28 Februari 2013.

Rachman, F. (2012). Panduan Statistika Pendidikan. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Press.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, S. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistika.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v2i1.817

Article Metrics

Abstract view : 424 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 257 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License