Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Pada Materi Suhu Dan Kalor Di SMK Farmasi ISFI Banjarmasin

Rusiati Rusiati, Zainuddin Zainuddin, Abdul Salam M

Abstract


Terbatasnya perangkat pembelajaran fisika yang digunakan dalam proses pembelajaran dan tidak pernahnya dilakukan percobaan fisika di sekolah berimbas pada hasil belajar yang belum optimal. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif pada materi suhu dan kalor. Jenis penelitian tergolong penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan Dick & Carey. Subjek uji coba siswa kelas Xb SMK Farmasi ISFI Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, observasi, dan tes. Teknik analisis data berupa analisi deskriptif dan kualitatif. Hasil analisis data terhadap objek-objek penelitian ini menunjukkan:  (1) hasil validasi perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKS, THB, dan Materi Ajar berkategori sangat baik dan memiliki reliabilitas sangat tinggi. (2) keterlaksanaan RPP pada setiap fase di ketiga pertemuan minimal telah berkategori baik. (3) hasil belajar kognitif siswa memiliki gain skor sebesar 0,49 dengan kategori sedang. Simpulan yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran pada materi suhu dan kalor dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif yang dikembangkan layak (valid, praktis, dan efektif) untuk digunakan atau diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

 



Keywords


pembelajaran kooperatif; suhu dan kalor

References


Chodijah, S. dkk. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio pada Materi Gerak Melingkar. http://ejournal.unp.ac.id. ISSN: 2252-3014. Diakses, 2 Mei 2015.

Daryanto dan Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Ibrahim, M. dkk. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Pers.

Isjoni. (2014). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratumanan, T.G dan Laurens, T. (2011). Peningkatan Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya: Unesa University Pers.

Slavin, R.E. (2005). Cooperative Learning Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suyidno dan Jamal, M.A. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: P3AI Universitas Lambung Mangkurat.

Warsono dan Hariyanto. (2014). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Rosdakarya Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v3i3.818

Article Metrics

Abstract view : 213 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 118 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

                    

The journal has been listed in:

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

 

 

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License