Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Aktivitas Siswa

Herda Septina, Sri Hartini, Suyidno Suyidno

Abstract


Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran yang berlangsung selama ini tidak menggunakan pembelajaran berbasis konstruktivisme, oleh karena itu dilakukan penelitian yang  bertujuan meningkatkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan problem posing pada materi ajar tekanan. Penelitian ini  merupakan  penelitian tindakan kelas  model Kurt Lewin meliputi: permasalahan,  perencanaan tindakan, pelaksaan tindakan, pengumpulan data, dan  refleksi. Teknik pengumpulan data berupa test, observasi, angket, dan  dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif  kuantitatif  dan  kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) keterelaksanaan RPP  pada kegiatan pendahuluan, inti dan penutup  pada siklus I sebesar  89,20% , siklus  II 93,7%,  dan siklus  III 94,5%, (2) aktivitas siswa meliputi aktivitas menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik, mau bekerjasama, dan mau bertanya secara umum pada siklus I berkriteria baik, siklus II dan III  berkriteria baik sekali, (3) Hasil belajar siswa pada siklus I, II dan  III  berturut-turut adalah 58,6% (tidak tuntas),  75,0% (tuntas) dan  90,0%  (tuntas) (4)  respon siswa terhadap cara guru mengajar dan  materi pembelajaran cukup baik. Diperoleh simpulan bahwa penerapan model  kooperatif dengan pendekatan problem posing pada materi ajar tekanan di kelas VIII-F SMPN 11 Banjarmasin efektif meningkatkan hasil belajar  dan aktivitas siswa.

 


Keywords


model pembelajaran kooperatif; pendekatan problem posing; hasil belajar; aktivitas siswa

References


Djamarah. S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Jufri, A. W. (2013). Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Reka Cipta.

Hamid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mardapi, D. (2011). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Renaka Cipta

Ratumanan & Lauren. (2003). Evaluasi hasil belajar. Surabaya: Unesa Pers.

Rusman. (2012). Model- Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Rohani, A. (2010). Pengelolaan pengajaran. Jakarta: Asdi Maha Satya.

Suryosubroto. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Yogyakarta: Rineka Cipta

Suyidno & Jamal. (2012). Stategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: P3AI Nusa Media Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v2i1.822

Article Metrics

Abstract view : 570 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2882 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

                    

The journal has been listed in:

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

 

 

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License