Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Hasil Belajar Siswa Dengan Frekuensi Belajar Sebagai Variabel Mediasi

Muhammad Akbar Velayati, Mustika Wati, Sri Hartini

Abstract


 Kegiatan ekstakurikuler berpengaruh terhadap frekuensi belajar sehingga  berdampak terhadap hasil belajar siswa dibidang IPA. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar IPA yang dimediasi oleh variabel frekuensi belajar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Kelumpang Hilir yang berjumlah 588 siswa dengan sampel sebanyak 100 siswa. Teknik pengambilan data melalui wawancara, dokumentasi, observasi, dan angket. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif korelasional dengan metode analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat analisis, uji koefisien determinasi, uji-F, dan uji-t. Penelitian ini didesain menggunakan teknik regresi linier berganda yang menggunakan variabel mediasi. Hasil penelitian menemukan bahwa nilai thitung pengaruh langsung kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar IPA lebih kecil dari nilai t­tabel yang ditentukan, dan nilai thitung pengaruh tidak langsung kegiatan ekstrakurikuler terhadap hasil belajar IPA lebih besar dari nilai t­tabel yang ditentukan. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa kegiatan ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Kelumpang Hilir tidak berdampak langsung terhadap hasil belajar IPA, tetapi kegiatan ekstrakurikuler dapat berpengaruh positif secara tidak langsung terhadap hasil belajar IPA siswa dengan dimediasi variabel frekuensi belajar.

 

 


Keywords


Kegiatan ekstrakurikuler; hasil belajar; frekuensi belajar

References


Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Universitas Diponegoro

Mahoney, Joseph. (2005). Organized Activities as Context of Development: Extracurricular Activities, After School and community Programs. New York: Lawrence erlbaum

Syah, Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosdakarya offset




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v2i1.828

Article Metrics

Abstract view : 1203 times
pdf (Bahasa Indonesia) - 658 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License