Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, dan Satisfaction)

Nurfitri Purnamasari, Zainuddin Zainuddin, Suyidno Suyidno

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa terhadap pembelajaran fisika dikarenakan kurangnya variasi model dan media pembelajaran yang digunakan guru. Untuk itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model ARIAS dalammeningkatkan hasil belajar siswa. Adapun tujuan secara khusus yaitu (1) Mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa, (3) Mendeskripsikanaktivitassiswa dan (4) Mendeskripsikan respon siswa.Hasil penelitian menunjukkan (1) ketelaksanaanRPP model pembelajaran ARIAS meningkat dimana siklus I sebesar 80% (baik), siklus II sebesar 95% (baik), dansiklus III sebesar 99% (baik); (2) hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 57% (tidak tuntas), siklus II sebesar 75% (tidak tuntas), dan siklus III sebesar 88% (tuntas), (3) aktivitas siswa meliputi membaca atau mencari informasi, mendengarkan penjelasan guru, berdikusi atau kerjasama kelompok, menyampaikan pendapat kepada guru atau teman, mengajukan pertanyaan dan menjawab soal. Pada siklus I cukup aktif, siklus II aktif dan cukup aktif, dan siklus III aktif, (4) respon minat siswa mengikuti pembelajaran ARIAS meliputi attention, relevance,confidence, dan satisfactiondikategorikan baik.Diperoleh simpulan bahwa keefektifan penerapan model pembelajaran ARIAS dalam materi ajar usaha dan energi berkategori efektif.


Keywords


Pembelajaran ARIAS

References


Ahmadi, K, Sofan Amri, Tatik Elisah. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi pustaka.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan. Bumi Aksara, Jakarta

Chairani, (2005). Fase-fase Model Pembelajaran ARIAS. Diakses melalui http://dutadwisejati.blogspot.com. Pada tanggal 24 September 2012

Depdiknas. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Jamiah.(2008). Peningkatan Kualitas Hasil dan Proses Pembelajaran Matematika melalui Model Pembelajaran ARIAS pada Mahasiswa S-1 PGSD FKIP UNTAN Pontianak. Jurnal Penelitian. Diakses melaluihttp://www.google.com. Pada tanggal 24 November 2012

Kiranawati. (2007). Model Pembelajaran ARIAS. Diakses melalui http://gurupkn.wordpress.com. Pada Juni 2012

Ningsih. (2005). Efektivitas Model Pembelajaran ARIAS Berbasis Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Dasar Sains pada Siswa SMP Kota Pontianak. Jurnal Penelitian. http://www.google.com. Diakses 24 November 2012

Saadah. (2010). Penerapan Model ARIAS dalam Pembelajaran TIK. Jurnal Penelitian. http://www.google.com. Diakses 24 November 2012

Yunita. (2009). Penerapan Model Pembelajaran ARIAS dengan Metode Problem Solving untuk Meningkatkan Hasil dan Aktivitas Belajar Kimia Siswa pada Pokok Bahasan Reduksi-Oksidasi Kelas XE SMA Negeri 6 Bengkulu. Jurnal Penelitian. http://www.google.com. Diakses 24 November 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v1i1.856

Article Metrics

Abstract view : 541 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 474 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  Indexed by:

                    

The journal has been listed in:

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

 

 

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License