Aplikasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Desi Fatmasari, Zainuddin Zainuddin, Syubhan Annur

Abstract


Berdasarkan data yang diperoleh dari tes awal pemahaman konsep dan angket, diketahui bahwa kegiatan pembelajaran fisika yang jarang melibatkan siswa secara aktif mengakibatkan pemahaman konsep siswa yang rendah. Dilakukan penelitian yang bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Tujuan khusus penelitian: (1) keterlaksanaan RPP, (2) pemahaman konsep siswa, (3) hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran, (4) respon siswa terhadap pembelajaran. Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas.Teknik pengambilan data melalui tes pemahaman konsep, tes hasil belajar, observasi, angket, dan dokumentasi.Hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian yaitu: (1) keterlaksanaan RPP selama proses pembelajaran berkatagori sangat baik dengan persentase yang meningkat yaitu 82,6%; 88,4%; 91,3%. (2) terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa pada setiap siklus dengan perolehan skor rata-rata yaitu 86,2; 104,2; 117,1. (3) terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan, dapat dilihat dari hasil ketuntasan siswa secara klasikal yaitu 25,8%; 77,4%;  100%. (4) respon siswa selama proses pembelajaran dapat dilihat dari hasil rata-rata untuk tiap pernyataan termasuk dalam kategori baik. Diperoleh simpulan bahwa aplikasi pendekatan contextual teaching and learning dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Banjarmasin pada materi usaha dan energi.

 


Keywords


Pemahaman konsep; contextual teaching and learning; usaha dan energi

References


Akil, Andi. (2009). Implementasi CTL Berbantuan LKS Scaffolding Pada Pembelajaran Materi Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.1 SMAN 6 Banjarmasin.Skripsi tidak dipublikasikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Johnson, Elaine B. (2012). Contextual Teaching and Learning: what it is and why it’s here to stay. Diterjemahkan Ibnu Setiawan. Bandung: Kaifa.

Ratumanan, T. W. dan Laurens, T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar Yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi.Surabaya: Unesa University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v1i1.863

Article Metrics

Abstract view : 1318 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1272 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License