Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA KORPRI Banjarmasin Melalui Penerapan Model Quantum Teaching Pada Materi Ajar Usaha-Energi

Desi Dewi Pratama, M. Arifuddin jamal, Suyidno Suyidno

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran fisika dikarenakan siswa jarang terlibat dalam pembelajaran. Oleh karena itu dilakukan penelitian  yang bertujuan meningkatkan hasil belajar. Tujuan khusus dari penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) keterlaksanaan RPP, (2) peningkatan hasil belajar, (3) aktivitas siswa, (4) respon siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) model Hopkins yang terdiri atas tiga siklus, di mana setiap siklus meliputi plan, action/observation, dan  reflective. Data diperoleh melalui  tes, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) keterlaksanaan RPP model quantum teaching pada siklus I secara umum terlaksana sangat baik, siklus II dan siklus III terlaksana sangat baik, (2) aktivitas siswa terdiri dari membaca, mendengar penjelasan, bertanya, diskusi, dan menyampaikan pendapat, sehingga secara umum aktivitas siswa pada siklus I aktif, sedangkan pada siklus II dan III sangat aktif, (3) peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu siklus I sebesar 80% (tidak tuntas), siklus II sebesar 88% (tuntas) dan siklus III sebesar 91% (tuntas), (4) respon siswa  pada aspek  attention, relevanceconfidence, dan satisfaction , dalam kategori baik. Simpulan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA KORPRI Banjarmasin dapat ditingkatkan melalui penerapan model quantum teaching pada materi ajar usaha-energi.

 


Keywords


Hasil belajar; quantum teaching; usaha-energi

References


A’la, M. (2010). Quantum Teaching (Buku Pintar dan Praktis). Yogyakarta: Diva Press.

De Porter, B. (2009). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Muslich, M. (2011). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Tim Revisi. (2007). Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah Edisi IV. Banjarmasin: PMIPA FKIP UNLAM.

Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Kontekstual di Kelas. Surabaya: Cerdas Pustaka Publisher.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v1i2.866

Article Metrics

Abstract view : 405 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 2405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License