Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Tamban Pada Materi Ajar Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Aidha Yuliandary, Zainuddin Zainuddin, Mustika Wati

Abstract


Rendahnya hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tamban terhadap pelajaran fisika mendorong perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tamban pada materi ajar kalor menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Tujuan secara umum, yaitu mendeskripsikan:(1) keterlaksanaan RPP (2) keterampilan sosial siswa (3) hasil belajar siswa (4) respon siswa.  Penelitian ini menggunakan alur penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus, dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis secara deskritif kualitatif dan deskritif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan: (1) keterlaksanaan RPP pada siklus I, II dan III, yakni sebesar 88%; 92% dan 100%. (2) ketuntasan siswa secara klasikal pada siklus I, II dan III masing-masing sebesar 74%; 83%; dan 96%. (3) keterampilan sosial siswa pada siklus I, II dan III, yakni sebesar 89 %, 96% dan 98% dengan kategori sangat baik. (4) respon siswa terhadap proses pembelajaran kooperatif tipe TAI banyak memberikan respon yang positif dengan katagori baik. Diperoleh simpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI  pada materi ajar kalor efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Tamban.

 

 


Keywords


Hasil belajar; kooperatif; TAI; kalor

References


Agusrizani, E. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Assisted Individualization (TAI) pada Materi Ajar Listrik Dinamis di SMA Negeri 6 Banjarmasin. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin: Tidak Dipublikasikan

Aina, Noor. (2011). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Efektif Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa Kelas VII A SMP Negeri 9 Banjarmasin Pada Materi Ajar Cahaya. Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin: Tidak Dipublikasikan.

Arikunto, S. (2010). Penelitian Tindakan untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Aditya Media, Yogyakarta.

Depdiknas. (2003). Peraturan Menteri Nasional Nomor 23 tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

Jahriati, Rizky. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Tamban Pada Materi Ajar Kalor Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Asissted Individualization (TAI). Skripsi Sarjana. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin: Tidak Dipublikasikan




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v1i2.867

Article Metrics

Abstract view : 356 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 239 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License