Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penerapan Cooperative Learning Tipe TPS Pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis

Rezeki Apriliana Puteri, M. Arifuddin jamal, Mustika Wati

Abstract


Kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses belajar mengajar yang disebabkan karena pembelajaran yang membosankan tanpa adanya variasi penggunaan model pembelajaran mendorong peneliti untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui penerapan model cooperative learning tipe TPS dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pokok bahasan listrik dinamis. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan RPP pada siklus I sebesar 73,5%, siklus II sebesar 88%, dan siklus III sebesar 93,5%, ini berarti secara keseluruhan untuk pengelolaan kelas dalam KBM tergolong sangat baik. Motivasi belajar siswa pada siklus I , siklus II, dan siklus III meningkat dan berada pada kategori baik dan sangat baik. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 66,67% menjadi 83,33% pada siklus II dan meningkat lagi menjadi 90% pada siklus III. Keterampilan sosial siswa yang teramati pada siklus I semua berada pada kategori kurang baik. Pada siklus II dan III keterampilan sosial siswa dalam kategori baik. Respon siswa berada pada kategori baik dan sangat baik. Diperoleh simpulan bahwa model cooperative learning tipe TPS dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas X-4 SMA Negeri 12 Banjarmasin.

 


Keywords


Motivasi belajar siswa; kooperatif TPS; listrik dinamis

References


Erwin. (2012). Makalah Metode Think Pair Share, (online) (http://www.WordPress.com.diakses 20 desember 2012).Isjoni, 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Jamal, M. A & Suyidno. (2012). Metodologi Penelitian. Modul tidak dipublikasikan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Mahmudin. (2009). Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS).(online), (http://www.WordPress.com diakses 20 Desember 2012).

Maya. S. (2011). Peningkatan Keterampilan Menulis Sinopsis Menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Think Pair Share pada Siswa Kelas V di SDN Telaga Biru 7 Banjarmasin Barat. Skripsi Sarjana. Tidak Dipublikasikan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Muslich, M. (2011). Melaksanakan PTK itu Mudah. Jakarta: Bumi Aksara.

Novita, T.W. (2009). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi. (online), (http://www.WordPress.com) Diakses 20 Desember 2012.

Ratumanan, T.G. & Laurens, T. (2003). Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Yayasan Pengkajian Pengembangan Pendidikan Indonesia Timur dan UNESA.

Rubi. (2005). Sikap dan Motivasi Berprestasi Belajar Matematika Siswa Kelas III SMP Negeri 1 Marabahan Tahun Pelajaran 2005⁄2006. Skripsi Sarjana. Tidak Dipublikasikan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Suyidno. (2011). Penelitian Tindakan Kelas. Modul tidak dipublikaikan. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v1i2.869

Article Metrics

Abstract view : 478 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 325 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License