Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 31 Banjarmasin Pada Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Penerapan Pembelajaran Generatif

Siti Nurkhayani, Zainuddin Zainuddin, Syubhan An'nur

Abstract


Minimnya hasil belajar siswa dalam proses belajar mengajar di kelas VIII C SMP Negeri 31 Banjarmasin mendorong peneliti untuk melakukan penelitian.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan RPP, hasil belajar, mengatasi miskonsepsi, dan respon siswa terhadap pembelajaran generatif.  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model hopkins sebanyak 3 siklus. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan RPP meningkat setiap siklus dari 82,29%, 87,49% dan, 98,60%, ini berarti secara keseluruhan untuk pengelolaan kelas tergolong baik. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat setiap siklus dari 45,45, 75,76% dan, 93,94%. Kemampuan siswa dalam mengatasi miskonsepsi selama proses pembelajaran mengalami penurunan pada setiap siklus dari 23,61%, 10,42%, dan 1,39%. Respon siswa terhadap pembelajaran berkategorikan baik. Diperoleh simpulan bahwa model pembelajaran generatif efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII C SMP Negeri 31 Banjarmasin.

 


Keywords


hasil belajar; generatif; getaran dan gelombang

References


Andrian, G. (2010). Pengembangan Model Generatif Learning Pada Materi Ajar Kalor di SMP Negeri 24 Banjarmasin. Skripsi Sarjana. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. Tidak dipublikasikan.

Dewi, R. (2008). Upaya Mengurangi Miskonsepsi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Generatif. http://repository.upi.edu/skripsiview. phpnoskripsi2047. Diakses 2 Desember 2012

Fitriah, L. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Generatif Berintegrasi Imtak Pada Materi Ajar Listrik Dinamis Bagi Siswa Kelas XMAN 1 Banjarmasin. Skripsi Sarjana. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. Tidak dipublikasikan.

Halomoan, M. (2008). Analisis Konsepsi Guru Mata Pelajaran Fisika Madrasah Aliyah Terhadap Konsep Gaya Pada Benda Diam Dan Bergera. http://sumut.kemenag.go.id/. Diakses 13 Januari 2013

Holil, A. (2008). Pembelajaran Generatif. http://anwarholil.blogspot.com. Diakses 5 Juni 2012.

Nurkhayani, Siti. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 31 Banjarmasin Pada Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Penerapan Pembelajaran Generatif. Skripsi Sarjana. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. Tidak dipublikasikan.

Sanjaya, Wina. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum berbasis Kompetensi. Jakarta: bumi Aksara

Sari, R.Y. (2012). Penerapan Model Generative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ajar Kalor Di Kelas VII E SMP Negeri 1 Banjarmasin. Skripsi Sarjana. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. Tidak Dipublikasikan.

Setya, A. (2012). Respon Siswa. http://id.shvoong.com/social-sciences/aducation/ 2253012-respon-siswa/#ixzz1owggecpM. Diakses tanggal 24 Pebruari 2012.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (1991). Proses Belajar Mengajar Dalam Kredit Semester. Jakarta: Bumi Aksara

Sudyana, I.N. (2007). Pengaruh Model Pembelajaran dan Strategi Belajar Kooperatif Terhadap Pemahaman dan Hasil Belajar Kimia Siswa Sekolah Menengah Atas. http://www.undiksha.ac.id/jpp/index.php?c=JPP%20-%204danmdmndankid722danactviewdan mi910danli0. Diakses 6 Juni 2012.

Zainuddin & Suriasa. (2006). Strategi Belajar-Mengajar Fisika. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat. Tidak dipublikasikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/bipf.v1i2.870

Article Metrics

Abstract view : 535 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 347 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

     

The journal has been listed in:

 

Statistics Counter

1. From August 10, 2016 to present (broken code but the stats is still working)

 joomla
visitor View My Stats

2. From December 28, 2018 to present (updated stats)

View My Stats

Flag Counter

Berkala Ilmiah Pendidikan fisika is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License