ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA PENYELESAIAN SOAL BERORIENTASI KONTEN QUANTITY

Triwahyu Riyatuljannah, Siti Fatonah

Abstract


Penelitian ini bertujuan menganalisis: (1) kemampuan literasi matematika siswa konten quantity secara umum, (2) kemampuan literasi matematika setiap level pada siswa konten quantity. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan desain kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan kesimpulan/verifikasi. Validasi data menggunakan validasi logis oleh ahli, triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan penelitian ini yaitu (1) Kemampuan literasi matematika siswa berorientasi konten quantity secara umum memperoleh rata-rata nilai 69,42 dengan kategori baik. 2) Kemampuan literasi matematika siswa berorientasi konten quantity setiap level pada level 1 memperoleh nilai 73,2 kategori baik, level 2 memperoleh nilai 73,85 kategori baik, level 3 memperoleh nilai 67,65 kategori baik dan level 4 memperoleh nilai 58,82 kategori cukup.

 

Kata kunci: literasi matematika, konten quantity


Abstract: This study aims to analyze: (1) the students' mathematical literacy skills quantity in general, (2) the mathematics literacy skills of each level of content students quantity. This type of research is qualitative with a descriptive qualitative design. Data collection was carried out through test methods, observation, interviews and documentation. Data analysis was carried out through the process of data reduction, data presentation and conclusion/verification. Data validation used logical validation by experts, triangulation of sources and methods. The conclusions of this study are (1) Mathematical literacy skills of students oriented to quantity content generally obtained an average value of 69.42 in the good category. 2) Mathematical literacy skills of students with content-oriented quantity at each level at level 1 get a good score of 73.2, level 2 get a good score of 73.85, level 3 get a score of 67.65 in the good category and level 4 get a score of 58.82 in the category enough.

 

Keywords: mathematical literacy, quantity content

Full Text:

PDF

References


Aisyah, F. N. K., Hariyani, S., & Dinullah, R. N. I. (2019). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Cerita berdasarkan Kriteria Watson. Jurnal Review Pembelajaran Matematika (JRPM), 4(1), 11–22. Retrieved from http://jurnalftk. uinsby.ac.id/index.php

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Kedua). Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Lestari, & Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Martalyna, W. (2018). Integrasi Keterampilan Higher Order Thinking dalam Perspektif Literasi Matematika. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 354–363.

Masjaya, & Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika Untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Literasi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20196

Mustika, R. I., Tivana, M., & M, I. (2015). Hubungan Minat Baca dan Kebiasaan Membaca Karya Sastra Mahasiswa Semester 2 Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP Siliwangi Bandung Tahun Ajaran 2015/2016. P2M STKIP Siliwangi, 2(2). https://doi.org/ 10.22460/p2m. v2i2p234-239.182

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta.

Nurkamilah, M., Nugraha, M. F., & Sunendar, A. (2018). Mengem¬bang-kan Literasi Matematika Siswa Seko-lah Dasar melalui Pembelajaran Ma-te¬ma¬tika Realistik Indonesia. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics, 2(2), 70–79.

OECD. (2016). The PISA 2015 Assessment Framework : Mathematics, Reading, Science and Problem Solving Knowledge and Skills. Paris: OECD.

OECD. (2018). PISA 2015 : PISA Result iFocus. Paris: OECD.

Prastyo, H., & Salman, A. N. . (2020). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Menggunakan Konteks Kalimantan Timur. Jurnal Paedagogik, 3(1). https://doi.org/ 10.35974/ipd. v3i1.2230

Puspita, L. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Kelas V di Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Berbasis MultiliterasI (Universitas Pendidi¬kan Indonesia). Retrieved from http:// repository. upi.edu/ id/eprint/30267

Sari, R. H. N. (2015). Literasi Matematika : Apa , Mengapa dan Bagaimana ? 713–720. Retrieved from http:// seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/banner/PM-102.pdf

Simarmata, Y., Wedyawati, N., & Hutagaol, A. S. R. (2020). PENYELESAIAN SOAL CERITA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendi-dikan Matematika, 2(1), 100–105. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i1.654

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D (IV). Bandung: Alfabeta.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik : Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Zulfah. (2019). Analisis Kemampuan Peserta Didik SMP di Bangkinang Melalui Penyelesaian Soal PISA 2015. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 350–362. https://doi.org/ 10.31004/ cendekia. v3i2.126.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v9i1.10089

Article Metrics

Abstract view : 570 times
PDF - 436 times

Refbacks



Copyright (c) 2021 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:


 

Lisensi Creative Commons
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 Internasional.