PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SD MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA

Widayati Widayati, Mujidin Mujidin, Faisa Nirbita Mahmudah

Abstract


Karakter seseorang perlu ditanamkan , salah satunya di sekolah. Hal itu menjadi peran guru dalam mengenalkan nilai agama dan memberikan bimbingan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pembentukan karakter serta implemen­tasinya pada hasil belajar siswa sebelum dan sesudah pembelajaran matematika dengan alat peraga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan kuantitatif. Instrumen yang digunakan berupa hasil observasi, refleksi mengajar, Tes, RPP. Teknik analisis data kualitatif dengan mereduksi data merujuk pada pemilihan, pemfokusan, penyederhanaan, abstraksi, dan pentransformasian data. Populasinya kelas 4 SD Purbayan Kotagede Yogyakarta, pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu kelas 4 Shidiq dengan 28 siswa. Teknik pengumpulan data menggu­nakan tes. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil pene­litian menunjukkan siswa karakter tanggung jawab lebih baik dalam kesiapan belajar sebelum pembelajaran, dan sikap tanggung jawab meningkat dengan aktif mengikuti pembelajaran, mengerjakan dan menyelesaikan tugas tepat waktu setelah pembelajaran dengan alat peraga. dan terlibat aktif dalam tugas kelompok. Hasil pemahaman konsep menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan Alat Peraga adalah  64,6 dan 96,18 dengan mean rank yaitu negative rank 6,75 dan positif rank 9,84, nilai Z yakni -3,137. Diketahui bahwa signifikansinya 0,002 sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Matematika sebelum dan sesudah menggunakan Alat Peraga.

 

Kata kunci: Alat Peraga, Karakter, Matematika.

 

Abstract: One's character needs to be instilled, one of which is at school. This becomes the teacher's role in introducing religious values and providing guidance. The research objective was to determine character formation and its implementation on student learning outcomes before and after learning mathematics with visual aids. This research uses descriptive qualitative and quantitative methods. The instruments used are the results of observations, teaching reflection, tests, lesson plans. Qualitative data analysis techniques by reducing data refer to selecting, focusing, simplifying, abstracting, and transforming data. The population is grade 4 SD Purbayan Kotagede Yogyakarta, taking samples with purposive sampling, namely grade 4 Shidiq with 28 students. Data collection techniques using tests. Quantitative data analysis techniques using the Wilcoxon Test. The results of the study showed that students with a character of responsibility were better in learning readiness before learning, and the attitude of responsibility increased by actively participating in learning, working on and completing assignments on time after learning with visual aids. and actively involved in group assignments. The results of understanding the concept show that the average scores before and after learning using the Teaching Aid are 64.6 and 96.18 with a mean rank of negative rank of 6.75 and a positive rank of 9.84, a Z value of -3.137. It is known that the significance is 0.002 so that there are differences in student learning outcomes with learning Mathematics before and after using Teaching Aids.

 

Keywords: Props, Character, Mathematics.

Full Text:

PDF

References


Arifuddin, A., Maufur, S., & Farida, F. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Peraga Puzzle Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika di SD/MI. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), 10-17. https://doi.org/10.23887/ jisd.v2i1.13721

Aisyah, A., Nusantoro, E., & Kurniawan, K. (2014). Increase Learning Responsibilities Through Content Usage Services. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Aplication, 3(3), 44-50.

Anggito. A. & Setiawan. J. (2018). Metodelogi penelitian kualitatif. Yogjakarta: CV Jejak.

Amalia, D. R., Chan, F., & Sholeh, M. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Operasi Hitung Perkalian Pada Pembelajaran Matematika di kelas IV. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(3), 945-957. https://doi.org/ 10.31004/jpdk.v4i3.4549

Ardiyanti. (2019). Peningkatan Hasil belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Berbatuan Media Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 27-34. https://doi. org/10.26714/jkpm.6.1.2019.27-34

Anggraeni, A., Bintoro, H. S., & Purwaningrum, J. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 3(1). https://doi.org/10. 24176/jpp.v3i1.4646

Astini, N. W., & Purwati, N. K. R. (2020). Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar. Emasains, 9(1), 1-8.

Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Assidiqi, H. (2015). Membentuk karakter peserta didik melalui model pembelajaran search, solve, create, and share. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 45-55. https://doi.org/10.33654/math.v1i1.94

Fadillah, S. (2013). Pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran matematika. Jurnal Paradikma, 6(2), 142-148.

Gladwell, M. (2009). Outliers: Rahasia di Balik Sukses. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Haeruman, L. D., Rahayu, W., & Ambarwati, L. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis dan self-confidence ditinjau dari kemampuan awal matematis siswa SMA di Bogor Timur. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 10(2). http://dx.doi.org/ 10.30870/jppm.v10i2.2040

Irjanti, R., & Setiawati, F. A. (2018). Pengaruh nilai-nilai karakter terhadap prestasi belajar di SDIT Salman Al Farisi. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(1).

Kartika, L., Tandililing, E., & S., B. (2016). Penerapan Engaged learning strategy dalam menumbuhkembangkan tanggung jawab belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(2), 57-64. http://dx.doi.org/10. 26418/jppk.v5i4.14940

Mahmudi. A. (2011). Mengembangkan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pendidikan dan Penerapan MIPA. Fakultas MIPA. UNY.

Meliyanti, D.S.N. & Yonanda, D.A. (2018). Model DiscoveryLearning Dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Elementari Edukasia, 1(2), 196-204.

Nugroho, A. A., Putra, R. W. Y., Putra, F. G., & Syazali, M. (2017). Pengembangan blog sebagai media pembelajaran matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 197-203. https://doi.org/10.24042/ajpm. v8i2.2028

Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah. Wijaya Dharma: Jurnal Pendidikan dan Evaluasi Pendidikan, VI(2), 134-141. doi:10.30738/wd.v6i2. 3392.

Nurrohmi, Y., Utaya, S., & Utomo, D. H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan,2(10), 1308-1314. http://dx.doi.org/10. 17977/jptpp.v2i10.10062

Pasani, C. F., & Basil, M. (2014). Mengembangkan karakter tanggung jawab siswa melalui pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe TAI di kelas VIII SMPN. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2). http://dx.doi.org/ 10.20527/edumat.v2i2.616

Pramasanti, R., Bramasta, D., & Anggoro, S. (2020). Implementasi pendidikan karakter tanggung jawab dan kerja sama dalam pembelajaran tematik kurikulum 2013 di sd negeri 2 berkoh. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48. https://doi.org/10.36232/ jurnalpendidikandasar.v2i1.410

Pramesti, C., & Prasetya, A. (2021). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Siswa dalam Menggunakan Prinsip Matematis. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 9-17. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i02.11091

Rahayu, R. (2016). Peningkatan karakter tanggung jawab siswa SD melalui penilaian produk pada pembelajaran mind mapping. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1).

Rantauwati, H. S. (2014). Pengembangan Karakter Siswa SD Melalui Bermain Peran. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).

Reski, D. J., & Ilyas, A. (2019). Konsep kesiapan siswa dalam mengerjakan tugas. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(1), 33-38.

Rohendi, E. (2016). Pendidikan karakter di sekolah. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 3(1).https://doi.org/10.17509/eh.v3i1.2795

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Rochmah, E. Y. (2016). Mengembangkan karakter tanggung jawab pada pembelajar (Perspektif psikologi barat dan psikologi Islam). AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 3(1), 36-54.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. W. (2021). Pemanfaatan Alat Peraga Benda Konkret Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1735-1742.

Sari, S. P., & Bermuli, J. E. (2021). Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(1), 110-121. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3150

Setiardi, D., & Mubarok, H. (2017). Keluarga sebagai sumber pendidikan karakter bagi anak. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(2).

Sholihah, M., & Amaliyah, N. (2022). Peran Guru Dalam Menerapkan Metode Diskusi Kelompok Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898-905.

Sudaryanti, S. (2012). Pentingnya pendidikan karakter bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2902

Syifa, U. Z., Ardianti, S. D., & Masfuah, S. (2022). Analisis Nilai Karakter Tanggung Jawab Anak Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 568-577. https:// doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2071

Telaumbanua, Y. (2020). Efektifitas Penggunaan Alat Peraga Pada Pembelajaran Matematika Pada Sekolah Dasar Pokok Bahasan Pecahan. Warta Dharmawangsa, 14(4), 709-722.

Utami, I., Khansa, A. M., & Devianti, E. (2020). Analisis Pembentukan Karakter Siswa di SDN Tangerang 15. FONDATIA, 4(1), 158-179. https: //doi.org/10.36088/fondatia.v4i1.466

Zain, B. R. N., Saputra, H. H., & Musaddat, S. (2022). Analisis Kesulitan Memahami Perkalian 1 Sampai dengan 10 Siswa Kelas 2 SDN 3 Loyok Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1429-1434. https://doi.org/10. 29303/jipp.v7i3b.788

zuliyanto, A., Fadriyah, A., Yeli, K. P., & Wulandari, H. (2018). Pendekatan saintifik untuk mengembangkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 13(2). https://doi.org/10.17509/ md.v13i2.9307

Zul, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 5(2), 24-32.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v11i1.15467

Article Metrics

Abstract view : 849 times
PDF - 421 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

 

Lisensi Creative Commons
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.