EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT DITINJAU DARI PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Nada Fajar Pertiwi, Rosnawati Rosnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) efektivitas model pembelajaran missouri mathematics project pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa; 2) efektivitas model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa; 3) model pembelajaran yang lebih efektif diantara model pembelajaran missouri mathematics project dan model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa. Jenis penelitian ini kuasi eksperimen yang didesain dalam bentuk pre-post test control group design, dilakukan pada siswa kelas VIII A dan VIII DSMPN 1 Berbah. Terdapat 3 hipotesis pada penelitian ini, uji hipotesis menggunakan uji manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini yaitu 1) model pembelajaran missouri mathematics project efektif pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa; 2) model pembelajaran konvensional efektif pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa; 3) model pembelajaran missouri mathematics project lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau terhadap kemampuan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa.

 

Kata kuncimissouri mathematics project, pemecahan masalah, motivasi belajar

 

Abstract: This study aimed to determine: 1) the effectiveness of the missouri mathematics project learning model on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation; 2) the effectiveness of the conventional learning model on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation; 3) a more effective learning model between the missouri mathematics project learning model and the conventional learning model on polyhedron material of problem solving abilities and student learning motivation. This type of research is a quasi-experimental design in the form of pre-postest control group design, carried out on class VIII A and VIII D SMPN 1 Berbah students. There are 3 hypotheses in this study, hypothesis testing using manova with a significance level of 0,05. The results of this study is 1) the missouri mathematics project learning model is effective on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation; 2) the conventional learning model is effective on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation; 3) the missouri mathematics project learning model is more effective than the conventional learning model on polyhedron material of the problem solving abilities and student learning motivation.

 

Keywords: missouri mathematics project, problem solving, learning motivation.


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. L. N. (2019). Pengaruh Intensitas Pemberian PR Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD. Basic Education, 8(21), 2055 - 2066.

Aziz, A. F., Kusumaningsih, W., & Rahmawati, N. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Imaginer: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 127- 132.

Candiasa, I. M., & Sukajaya, I. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP PGRI 2 Denpasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 7(2), 131-141.

Elita, G. S., Habibi, M., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447- 458.

Good, T. L., & Grows, D. A. (1979). The Missouri Mathematics Effectiveness Project: An Experimental Study in Fourth- Grade Classrooms. Journal of Educational Psychology, 71(3), 355-362.

Hamzah B. (2022). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Harianda, B., & Junedi, B. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project. Journal of Didactic Mathematics, 2(1), 33-41.

Hartono, H., Huda, N., & Prihatin, I. (2020). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Poject Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Confidence Siswa. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR),1(1), 25-32. doi: https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.4

Indria, R., & Andriani, S. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Dalam Meningkatan Pemecahan Masalah Matematis Turunan Fungsi Aljabar. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1( 2), 441-448).

Kurniasari, V., Susanto, S., & Setiawan, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Balung Semester ganjil. Pancaran Pendidikan, 4(2), 153–162.

Makrif, M., Istiningsih, S., & Rosyidah, A. N. K. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Proyek Matematika Missouri (PMM) Terhadap Kemampuan Kreativitas Matematis Siswa Kelas V SDN 1 Bagik Polak Tahun A jaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1186- 1196.

Mullis, I., Martin, M., Foy, P., & Hooper., M. (2015). TIMSS 2015 International Results in Mathematics. Boston: International Study Center Lynch School of Education.

NCTM. (2000). Executive Summary Principles and Standars for School Mathematics. USA: NCTM.

Nuraini, Maimunah, & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMPN 1 Rambah Samo Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 63– 76.

Nurussobah, S., Nuryani, P., & Fitriani, A. D. (2021). Penerapan Model Missouri Mathematics Project untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 13-22.

OECD. (2019). PISA 2018 Results Combined Executive Summaries Volume I,II, III. Paris: OECD.

Perangin, A. (2020). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Elaborasi Dengan Model Pembelajaran Konvensional. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3(1), 43-50.

Polya, F. (1973). How To Solve It (2nd ed). New Jersey: Prence University Press.

Purwati, N., & Mashuri, A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika SMP Negeri 1 Pitu. Indonesian Journal Of Education and Learning Mathematics, 1(2), 62-67.

Rachman, A., & Rosnawati, R. (2021). Efektivitas model pembelajaan creative problem solving ditinjau dari kemampuan penalaran, komunikasi, dan self esteem. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(2), 231-243.

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Matematika. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6 (1), 1-8.

Reny, R. R., Hutapea, N. M., & Saragih, S. (2021). Pengembangan Peangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Model Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 701- 717.

Reys, B., Reys, R., Beem, J., & Papick, I. (1999). The Missouri Middle Mathematics (M3) Project: Stimulating Standards-Based Reform. Journal of Mathematics Teacher Education, 2, 215-222.

Tinda, E. M., Wahyuni, R., & Mandasari, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. Journal of Mathematics Science and Education, 2(1), 36–45.

Widyajayanti, & Istiqomah. (2018). Analisis Intensitas Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, pp. 769-774.

Zahira, A., & Jumaisyaroh, T. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Dan Missouri Mathematics Project Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 277-285.

Zubaidah, S. (2019). Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21 Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. In Seminar Nasional Nasional Pendidikan Biologi, pp. 1-19.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v12i2.16480

Article Metrics

Abstract view : 256 times
PDF - 37 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

 

Lisensi Creative Commons
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.