Efektivitas Model Pembelajaran SAVI dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Karakter Mandiri Siswa
Abstract
Salah satu model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah model pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization and Intellectualy), karena pada tiap tahapan pada model ini melibatkan siswa secara keseluruhan dan guru hanya bertindak sebagai fasilitator. Berdasarkan hal tersebut dilakukan penelitian dengan tujuan mengetahui efektivitas model pembelajaran SAVI untuk mengembangkan karakter mandiri siswa.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 13 Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpossive random sampling, yaitu memilih kelas VII-E dan VII-F sebagai sampel penelitian dengan pertimbangan tertentu yang selanjutnya dipilih kelas VII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-F sebagai kelas kontrol secara random. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan, uji normalitas, uji homogenitas dan uji beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa, antara kelas yang menggunakan model pembelajaran SAVI dan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Hasil belajar matematika siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran SAVI lebih tingggi dibandingkan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. Sementara itu untuk karakter mandiri siswa di kelas yang menggunakan model pembelajaran SAVI dominan berada pada kualifikasi Sudah Berkembang (SB).
Kata kunci : model pembelajaran SAVI, karakter mandiri, hasil belajar matematika
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Bumi Aksara, Jakarta.
Asmani, Jamal M. 2011. Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Diva Pers, Yogyakarta.
DePorter, B. & Hernacki, M. 2011. Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Terjemahan Alawiyah Abdurrahman. Kaifa, Bandung.
Dimyati, & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah, 2011. Psikologi Belajar.Rineka Cipta, Jakarta.
Martiyono. 2012 Perencanaan Pembelajaran Suatu Pendekatan Praktis Berdasarkan KTSP Termasuk Model Tematik. Aswara, Jakarta.
Meier, D. 2003. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif & Efektif Merancang program Pendidikan dan Pelatihan.Terjemahan Rahmani Astuti. Kaifa, Bandung.
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Bumi Aksara, Jakarta.
Nuharini, Dwi. 2008. Matematika Konsep dan Apliksainya Untuk SMP/MTs Kelas VII. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.Priyatno. 2011. Buku Saku SPSS Analisis Statistik Data Lebih Cepat, Efisien, dan Akurat. Media Kom, Yokyakarta.
Rusman. 2011. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers, Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.Alfabeta, Bandung.
Supinah, & Parmi. 2011. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika di SD. Kementrian Pendidikan Nasional, Yokyakarta.
Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.
Supriyoko. 2011. Pendidikan Karakter Membangun: Membangun Delapan Karakter Emas Menuju Indonesia Bermartabat. Samudra Biru, Jogjakarta.
Tim MKPBM. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Tim Dosen Jurusan Pendidikan MIPA FKIP - Unlam, Banjarmasin. 2012. Petunjuk Penulisan Karya Ilmiah. Jurusan PMIPA FKIP - Unlam, Banjarmasin.
Tim Ahli JICA untuk SISTTEMS. 2009. Buku Petunjuk Guru Untuk Pembelajaran Yang lebih Baik. Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Agama Republik Indonesia, International Development Center of Japan.
Tim Pengembangan Ilmu pendidikan. Ilmu & Aplikasi Pendidikan Bangian 3 Pendidikan Disiplin Ilmu. Grasindo, FIP-UPI.
Tim Pengembangan MKDP Kurikiulum dan Pembelajaran.2011. Kurikulum dan Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Bandung.
Zainal, Agus. 2012. Pendidikan Karakter:Berbasis Nilai & Estetika Di Sekolah. Ar-Ruzz, Jogjakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v1i1.576
Article Metrics
Abstract view : 3282 timesPDF - 3029 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:

EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.