Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP

Siti Mawaddah, Hana Anisah

Abstract


Salah satu tujuan mata pelajaran matematika untuk Sekolah Menengah Pertama menurut Badan Standar Nasional Pendidikan (2006) ialah siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan respon siswa pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran generatif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 13 Banjarmasin tahun pelajaran 2014-2015 dan objek penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan respon siswa pada pembelajaran matematika dengan model pembelajaran generatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu rata-rata, persentase dan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa untuk aspek memahami masalah berada pada kualifikasi sangat baik, aspek membuat rencana pemecahan masalah berada pada kualifikasi baik, aspek melaksanakan rencana pemecahan masalah dan menafsirkan hasil yang diperoleh berada pada kualifikasi cukup. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif secara keseluruhan berada pada kualifikasi baik. Berdasarkan analisis menggunakan skala Likert, respon siswa secara keseluruhan menunjukkan kualifikasi setuju terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran generatif karena model pembelajaran generatif membuat siswa lebih aktif dalam belajar dan mudah mengingat materi pelajaran.

 

Kata kunci : pemecahan masalah, model pembelajaran generatif.


Full Text:

PDF

References


Afgani D., Jarnawi. 2011. Materi Pokok Analisis Kurikulum Matematika. Universitas Terbuka, Jakarta.

Amri, S. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

BSNP. 2006. Standar Isi, Standar Kompetensi, dan Kompetensi Dasar SMP/MTs. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.

Chotimah, N.H. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif (MPG) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa di Kelas X pada SMA Negeri 8 Palembang.Skripsi.Universitas PGRI Palembang.

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Rajawali Press, Jakarta.

Japa, I Gusti Ngurah.2008. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Melalui Investigasi Bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu.Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Lembaga Penelitian Undiksha: Edisi April 2008.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Aswaja Pressindo, Yogyakarta.

Rahmawati, A. 2014. Model Pembelajaran Generatif Untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika.Volume 2, Nomor 1, Februari 2014, hlm 8-14.

Ratnasari, Desi. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa. Skripsi Sarjana. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta.Tidak dipublikasikan.

Sanjaya, W. 2013.Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.

Siwono, Tatag Y. E. 2008.Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan danPemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unesa university

Sriwiani, Y. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Komunikasi Matematik Siswa SMA. Tesis S2. Universitas Pendidikan Indonesia: Bandung. http://repository.upi.edu/10339/. Diakses, 13 November 2014.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Wardhani, S., dkk.2010. Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP. PPPPTK Matematika, Yogyakarta.

Wena, M. 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Article Metrics

Abstract view : 38017 times
PDF - 65291 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

 

Lisensi Creative Commons
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.