ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS SISWA SMP DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMP yang ditinjau dari perbedaan gender dengan mengukur beberapa kemampuan HOTS diantaranya menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasikan. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif serta menggunakan teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verivikasi. Subjek penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan kategori 10 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa perempuan cenderung melakukan kesalahan dalam menganalisis dan mengkreasikan dalam menjawab pertanyaan dengan persentase menganalisis sebesar 70%, dan mengkreasikan dengan persentase 66%, sedangkan pada siswa laki-laki cenderung melakukan kesalahan dalam mengevaluasi pertanyaan yang ada dengan persentase sebesar 60%, dikarenakan banyak dari sebagian siswa laki-laki salah dalam menjawab pernyataan dari soal yang diberikan.
Kata Kunci: HOTS, Gender, Siswa SMP
Abstract: This study aims to describe the higher order thinking skill of junior high school students in terms of gender differences by measuring some HOTS abilities including analyzing, evaluating and creating. This type of research is descriptive qualitative research and uses data analysis techniques by data reduction, data presentation, and verification. The subjects of this study were 20 students in the category of 10 male students and 10 female students. The results showed that female students tended to make mistakes in analyzing and creating answers to questions with a percentage of analysis of 70%, and created with a percentage of 66%, while male students tended to make mistakes in evaluating existing questions with a percentage of 60%, because many of the male students are wrong in answering statements from the questions given.
Keywords: HOTS, Gender, Junior High School Students
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, A.H., Abidin, N.L.Z. & Ali, M. (2015). Analysis of students errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Soc. Sci, 11, 133-142.
Ambarawati, M., Mardiyana, & Subanti, S. (2014). Profil Proses Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Surakarta dalam Memecahkan Masalah Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau dari Kecerdasan Majemuk dan Gender. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2, 984-994.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi . Jakarta : Depdiknas.
Krathwohl. (2002 ). A revision of Bloom's Taxonomy: an overview. Theory into Practice, 41, 1 - 8.
Mulyani, M. & Muhtadi, D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Triginometri tipe Higher Thinking Skill Ditinjau Dari Gender. JPPM, 12, 1-16.
Mutmainah, S. & Rosyidah, U. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional. JTAM, 1, 70-74.
OECD. (2014). PISA 2012 results in focus: What 15 years olds know and what they can do with what they know. German: OECD Publishing.
Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. JPPM , 10, 40-49.
Saputri, S.S, Sugiarti, T., Murtikusuma, R.P., Trapsilasiwi, D. & Yudianto, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Perbedaan Gender Siswa SMP Kelas VIII. Kadikma, 9, 59-68.
Saido, G. M., Siraj, S., Bin Noerdin, A. B., Al Amedy, O. S. (2015). Higher Order Thinking Skills Among Secondary School Students In Science Learning. Malaysian Journal of Education, 3, 13-20.
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif . Bandung: CV. Alfabeta.
Tohir, M. (2016, Desember 8). Hasil PISA Indonesia Tahun 2015 Mengalami Peningkatan. (Online). https:// matematohir.wordpress.com/2016/12/08/hasil-pisa-indonesia-tahun-2015-mengalami-peningkatan/. Diakses pada 20 Juni 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7102
Article Metrics
Abstract view : 1061 timesPDF - 1433 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika
Indexed by:
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.