PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP MENGGUNAKAN PERMASALAHAN OPEN-ENDED

Nadya Rizky Amalia, Noor Fajriah, Asdini Sari

Abstract


Salah satu keterampilan yang perlu dikembangkan pada zaman sekarang adalah berpikir kreatif. Kenyataannya, siswa enggan menyampaikan penyelesaian selain yang dicontohkan oleh guru ketika diberi masalah. Salah satu pendekatan yang dirancang dengan melibatkan siswa langsung untuk menyampaikan alternatif-alternatif jawaban dalam menyelesaikan masalah adalah Pendekatan Scientific Berbasis Masalah Open-Ended. Penelitian ini ditujukan untuk (1) mendeskripsikan  kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas yang diterapkan pendekatan scientific berbasis masalah open-ended, (2) mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas yang diterapkan pendekatan scientific, dan (3) menganalisis pengaruh pendekatan scientific terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa menggunakan permasalahan open-ended. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment Design dengan teknik purposive sampling. Populasi yang digunakan ialah seluruh siswa kelas 8 SMP Negeri 14 Banjarmasin, sedangkan sampel yang diambil adalah siswa kelas VIII-D dan kelas VIII-E sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian yang dianalisis menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diterapkan pendekatan scientific berbasis masalah open-ended di SMP Negeri 14 Banjarmasin berada pada tingkat cukup kreatif, (2) Kemampuan berpikir kreatif siswa yang diterapkan pendekatan scientific di SMP Negeri 14 Banjarmasin berada pada tingkat kurang kreatif, dan (3) Pendekatan scientific dengan menggu­nakan masalah open-ended berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 14 Banjarmasin.

 

Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, pendekatan scientific, masalah open-ended.

 

Abstract: One of the skills that needs to be developed today is creative thinking. In fact, students are reluctant to present solutions that were different with the teacher’s examples when they were given problems. One of the approaches designed by involving students directly to present alternative solutions in solving problems is the Open-Ended Scientific Problem-Based Approach. This study aims to (1) describe the students’ creative thinking ability in the classroom that applied an open-ended problem-based scientific approach, (2) describe the students' creative thinking ability in the classroom that were applied a scientific approach, and (3) analyze the influence of scientific approaches to students’ creative thinking ability by using open-ended problems. This research uses Quasi Experiment Design method with purposive sampling technique. The population used was all 8th grade students of SMP Negeri 14 Banjarmasin, while the samples were grade VIII-D and grade VIII-E students as the experimental and the control group respectively. The results of the research show that: (1) students’ creative thinking ability  in the classroom that applied an open-ended problem-based scientific approach in SMP Negeri 14 Banjarmasin were at a sufficiently creative level, (2) the students' creative thinking ability in the classroom that were applied a scientific approach in SMP Negeri 14 Banjarmasin were at a less creative level, and (3) the scientific approach using open-ended problems has an effect on students' creative thinking ability in SMP Negeri 14 Banjarmasin.


Keywords: creative thinking abilities, scientific approach, open-ended problems.


Full Text:

PDF

References


Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif & Kualitatif Edisi Revisi. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Fardah, D.K.. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano, 3, 91 – 99.

Firdaus., As’ari, A.R., &. Qohar, A.R. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika SMA Melalui Pembelajaran Open-Ended Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1 , 227 – 236.

Isrok’atun, & Rosmala, Amelia. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Bandung: Bumi Aksara.

Lestari, K. E., &. Mokhammad R. Y. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: Universitas Singaperbangsa.

Muhsinin, U. (2013). Pendekatan Open-Ended Pada Pembelajaran Matematika. Edu-Math, 4, 37 – 46.

Nurlaela, L. &. Ismayanti, E. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak Dua.

Rokhimah, Tri. (2015). Keefektifan Pendekatan Saintif Berbasis Masalah Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Siswa Kelas VII SMPN 2 Wates Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

World Economic Forum. 10 Maret 2016. What are the 21st-century skills every students needs?. 07 Oktober 2018. https://www.weforum.org/ agenda.2016/03/21st-century-skills-future-jobs-students/.

Yadi, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Negeri Se-Banjarmasin Utara dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Berdasarkan Gaya Kognitif Tahun Pelajaran 2017/2018. (Unpublished undergraduate thesis). Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7378

Article Metrics

Abstract view : 1016 times
PDF - 1640 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika

Indexed by:

 

 

Lisensi Creative Commons
EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika is licenced under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 Internasional.