Koleksi Buah Lokal Kebun Raya Purwodadi Sebagai Sumber Belajar Biologi Berbasis Konservasi

Melisnawati H. Angio

Abstract


Sumber belajar biologi adalah segala sesuatu, baik benda maupun gejalanya, yang dapat digunakan untuk memperoleh pengalaman dalam rangka pemecahan permasalahan biologi tertentu baik sudah dirancang maupun sudah tersedia. Salah satu sumber belajar biologi adalah Kebun Raya Purwodadi yang memiliki program pelayanan pendidikan lingkungan berupa pemanduan ilmiah, dimana kegiatan yang dilakukan adalah menyampaikan informasi ilmiah terkait koleksi tanaman di Kebun Raya Purwodadi. Diantaranya koleksi tanaman buah lokal Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendata jenis sekaligus potensi dari jenis tanaman buah lokal koleksi Kebun Raya Purwodadi yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar biologi berbasis konservasi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, sedangkan potensi pemanfaatan jenis tanaman berdasarkan wawancara dan studi literatur. Berdasarkan hasil pengamatan, terdapat 96 jenis tanaman buah lokal dari 53 suku yang dapat dijadikan sebagai sumber belajar biologi berbasis konservasi.

Keywords


Buah Lokal, Sumber Belajar Biologi

Full Text:

PDF

References


Angio, MH. (2019). Pendataan Jenis Buah Lokal Indonesia Koleksi Kebun Raya Purwodadi. Jurnal Jambura Edu Biosfer. 1(2): 1-8

Aswita. (2015). Identifikasi Masalah Yang Dihadapi Guru Biologi Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pada Materi Ekosistem. Jurnal Biotik. 3(1): 64-71

Dodo. (2015). Keanekaragaman dan Konservasi Tumbuhan Langka Indonesia. Jurnal Warta Kebun Raya. 13(2):37-42.

Lepiyanto, A. & Pratiwi, D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Pada Matakuliah Biologi Umum. Bioedukasi, Jurnal Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Metro, 6(1),22-29.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung. Remaja Rosdakarya

Nurlestari, W. (Ed). 2012. An Alphabetical List of Plant Species Cultivated in Purwodadi Botanic Garden. Purwodadi-LIPI Press

Prosea, 1991. Edible Fruits and Nuts. Bogor. Plant Resources of South-East Asia.

Ramalho RRF, Barbosa JMG, Ferri PH, Santos SC. (2019). Variability of Polyphenol and volatiles during fruit development of Three Pitanga (Eugenia uniflora) biotypes. Food Research International. 19(2):850-858

Riefani, M.K. (2019). Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan Keragaman Burung” di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Vidya Karya. Vol 34(2):193-204.

Riefani, M.K. & Mahrudin (2020). Validitas Panduan Lapangan (Field Guide) Matakuliah Zoologi Vertebrata Materi Aves. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah Vol 5 (3): 63-69.

Septiani, K. S. Noorhidayati. & M. K. Riefani. (2020). The Validity of Question Wheel "Karunia" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 2 (1): 7-13. DOI: 10.20527/bino.v2i1.7883

Suhardi. (2007). Pengembangan Sumber Belajar Biologi. Yogyakarta. Jurdika Biologi FMIPA UNY.

Suryaningsih, Y. (2018). Ekowisata Sebagai Sumber Belajar Biologi Dan Strategi Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan. Jurnal Bio Educatio. 3(2):59-72

Thong, N. (2017). Diuretic and Hypotensive Effect of Morelloflavone from Garcinia dulcis. Journal Sains Malaysiana. 46(9): 1479–1490

Uji, T. (2007). Review. Keanekaragaman Jenis Buah-Buahan Asli Indonesia dan Potensinya. Jurnal Biodiversitas. 8(2):157-167.

Utami, N. H. & M. K. Riefani, (2017). The Measurement of Science Process Skills for First Year Students at Biology Education Departement. The 5th South East Asia Development Research. Atlantis Press Conference Proceeding 100: 382-384.

Yahya, I. (2010). Manajemen Empat Langkah dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Riset: Sebuah Pengalaman dari Perkuliahan Akustik di Jurusan Fisika FMIPA UNS. Makalah disajikan pada Pelatihan Penulisan Buku Ajar Berbasis Riset, LPPM UNS, 19 Oktober 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v12i1.10733

Article Metrics

Abstract view : 1076 times
PDF - 1579 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:   


Collaborate with:


Managed by:

Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat

Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112

Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.