PERKEMBANGAN MORAL SISWA SMP TERHADAP PENYELESAIAN MASALAH BANTARAN SUNGAI BARITO

Heriadi Heriadi, Danang Biyatmoko, Aminuddin Prahatama Putra

Abstract


Berdasarkan survei lapangan ditemukan pola pandang dan tanggapan siswa yang berbeda-beda terhadap permasalahan bantaran Sungai Barito sesuai dengan perkembangan moral siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan moral dan karakteristik perkembangan moral siswa SMP terhadap penyelesaian masalah yang terjadi di bantaran Sungai Barito secara valid dan reliabel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif, subjek penelitian ada 8 orang siswa SMPN 1 Anjir Muara. Teknik pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan trianggulasi. Analisis data dengan Reduksi data, Penyajian data, penarikan kesimpulan dan Triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Tahapan perkembangan moral siswa terhadap permasalahan bantaran Sungai Barito melalui penyelesaian masalah diperoleh 4 tahap teori TPMBSB. TPMBSB 1 subjek mampu memahami masalah dan membuat rumusan masalah tentang permasalahan dibantaran Sungai Barito, TPMBSB 2 subjek mampu memeberikan solusi terhadap permasalahan, TPMBSB 3 subjek mampu menggali/mengumpulkan data terhadap permasalahan, TPMBSB 4 siswa mampu melakukan pengecekan kembali atau membuat kesimpulan terhadap permasalahan. (2) Karakteristik perkembangan moral siswa terhadap permasalahan bantaran Sungai Barito melalui penyelesaian masalah berdasarkan hasil wawancara diperoleh tanggap siswa yang berbeda-beda, dimana setiap tanggapan siswa menunjukkan karakteristik dari tahapan perkembangan moral.

Keywords


Perkembangan moral; Penyelesaian masalah; Sungai

Full Text:

PDF

References


Azizah, N. (2015). Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama. Jurnal Fakultas: Psikologi Universitas Gajah Mada. 33(2), pp 94-109. http://journal.ugm.ac.id/ index.php/jpsi/article/vieww/7078/5530

Budiningsih, A. (2013). Pembelajaran Moral. Rineka Cipta, Jakarta.

Darmadi, H. (2012). Dasar Konsep Perkembangan Moral. Alfabeta, Bandung.

Eva, M. (2013). Kurikulum 2013 yang Berkarakter. UNIMED.

Kohlberg, L. (1971). Moral Development and Moral Education. Dalam: G. Lesser (ed). Psychology and educational Practice. Chicago: Scott, Foresman.

Nguyen, T. (2009). Moral Issues and Gender Differences in Ethical Judgment using Reidenbach and Robin’s (1990) Multidimensional Ethics Scale: Implications in Teaching of Ethics. Towson University. USA.

Paul, J., & Marnie. (2009). The Routes of Moral Development and the Impact of Exposure to the Milgram Obedience Study. University Drive, Burnaby, BC. Canada.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v10i2.11162

Article Metrics

Abstract view : 320 times
PDF - 821 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:   


Collaborate with:


Managed by:

Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat

Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112

Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.