HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MUTU PEMBELAJARAN PADA PROGRAM STUDI TERAKREDITASI A DI FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
Rusma Noortyani, Mahrudin Mahrudin, Muhammad Arsyad, Parham Saadi, Zainuddin Zainuddin, Asdini Sari
Abstract
Pembelajaran merupakan proses komunikasi dan berlangsung dalam suatu sistem, maka media pembelajaran sangat penting dan merupakan komponen sistem pembelajaran. Dengan media akan memperjelas materi yang diajarkan, sehingga mudah dipahami dan dimengerti. Sehingga akan memperluas wawasan dan pengetahuan terhadap apa yang dajarkan. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian survey dengan pendekatan kualitatif (Quantitative Research) untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian. Penyusunan instrument atau alat pengumpul data, variable-variabel yang menjadi acuan utama peneliti dalam menyusun angket, terdiri atas angket tentang media pembelajaran dan mutu pembelajaran yang ada pada program studi terakreditasi A. Berdasarkan hasil penelitian diketahui ada hubungan antara media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada 6 (enam) program studi terakreditasi A di FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Hal ini terlihat dari nilai Signifikansi (2-tailed) berdasarkan uji dengan menggunakan SPSS lebih kecil dari 0,005 yang berarti pengunaan media dalam pembelajaran sangat mendukung bagi terciptakan pembelajaran sesuai tujuan yang diinginkan dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
Keywords
Hubungan; Media pembelajaran; Mutu pembelajaran; Program studi terakreditasi A
References
Ali, M. (2009). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Arsyad, A. (2007). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1).
Suartama, I. K. (2010). Pengembangan Mutimedia Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3).
Suwarna, I. P. (2014). Pengaruh Media Audio-Visual (Video) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Pada Konsep Elastisitas.
Usman, M.U. dan L. Setiawati. (2001). Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Winkell. (1987). Psikolog Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
DOI:
http://dx.doi.org/10.20527/wb.v10i2.11165
Article Metrics
Abstract view : 557 times
PDF - 574 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:
Collaborate with:
Managed by:
Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat
Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112
Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.