PERKEMBANGAN MORAL SISWA SMP TERHADAP PERMASALAHAN BANTARAN SUNGAI ALALAK BANJARMASIN MENGGUNAKAN PENYELESAIAN MASALAH
Yunisa Dela, Yudi Firmanul Arifin, Aminuddin Prahatama Putra
Abstract
Perkembangan moral merupakan dapat atau tidaknya suatu perbuatan atau tindakan yang diterima oleh sesamanya dalam hidup kemasyarakatan dan cara seseorang bertingkah laku saat berinteraksi terhadap sesama. Tujuan dari penelitian mendeskripsikan tahap perkembangan moral siswa SMPN 29 terhadap permasalahan bantaran sungai Alalak melalui penyelesaian masalah yang valid dan reliabel. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini 8 orang siswa SMPN 29 ditentukan berdasarkan teori PMPMBS. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan analisa Miles & Huberman mencakup 3 tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan Tahapan perkembangan moral siswa diperoleh 4 tahap teori PMPMBS yaitu PMPMBS 1 menyusun rencana bersifat sementara tetapi belum dapat memecahkan masalah dibantaran sungai Alalak, PMPMBS 2 membuat ide yang mampu merancang solusi masalah dibantaran sungai Alalak, PMPMBS 3 mempertimbangkan dan melaksanakan ide yang menjadi solusi sesuai rancangan untuk menyelesaikan masalah dibantaran sungai Alalak, PMPMBS 4 menunjukkan kemampuan mengevaluasi hasil solusi masalah dibantaran sungai Alalak.
Keywords
Perkembangan moral; Penyelesaian masalah; Sungai
References
Fitria, R. (2016). Perkembangan Moral Siswa SMP terhadap Permasalahan Lingkungan Pendulangan Intan melalui Penyelesaian Masalah. ISSN. 2528-5742, Vol 13 (1) 2016: 145-150. Solo. Pendidikan Biogi FKIP UNS.
Hamiyah dan Jauhar (2014). Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Prestasi Pustaka. Jakarta.
Kurtinez, William M and Jacob L. Gerwitz. (1993). Moralitas, Perilaku Moral, dan Perkembangan Moral. Diterjemahkan oleh M.I. Soelaeman. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Kohlberg, L. (1971). Moral Development and Moral Education. Dalam: G. Lesser (ed). Psychology and educational Practice. Chicago: Scott, Foresman.
Lokhvytska, L. (2014). The Program of Moral Education of Preschool children “Treasure of Morality”. Ternopil: Mandrivites.
DOI:
http://dx.doi.org/10.20527/wb.v10i2.11167
Article Metrics
Abstract view : 303 times
PDF - 208 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:
Collaborate with:
Managed by:
Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat
Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112
Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.