Analisis Aktivitas Siswa Menggunakan Model Direct Instruction dengan Metode Mind Mapping
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirudin, W. (2016). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Teknik Mind Mapping Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V. Basic Education, 5(26), 2–547.
Amrita, P. D., Arifuddin, M., & Misbah, M. (2016). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pengajaran langsung pada pembelajaran fisika di kelas X MS 4 SMA Negeri 2 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 248–261. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i3.1858
Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning dengan Mind Mapping dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.9
Chomsi Imaduddin, M., & Haryanto Nur Utomo, U. (2012). Efektifitas Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Pada Siswa Kelas Viii. HUMANITAS: Indonesian Psychological Journal, 9(1), 62. https://doi.org/10.26555/humanitas.v9i1.350
Dewantara, D. (2019a). Pembelajaran Fisika Dengan Metode Mindmapping Menggunakan Mindmeister Pada Materi Rangkaian Arus Searah. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(1), 15–19. https://doi.org/10.30599/jipfri.v3i1.426
Dewantara, D. (2019b). Penerapan Pembelajaran Dengan Metode Mindmapping Menggunakan Coggle TM. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(1), 13. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i1.4923
Fauziah, R., & Alatas, F. (2016). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Pada Konsep Fluida Statis. Edusains, 8(1), 1–8. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1406
Habibi, M., Zainuddin, Z., & Misbah, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa fisika berorientasi kemampuan pemecahan masalah menggunakan model pengajaran langsung pada pokok bahasan tekanan di smp negeri 11 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2234
Hamalik, U. (2011). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariyanto, A. (2015). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Mind Map terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 21(3), 221. https://doi.org/10.24832/jpnk.v21i3.188
Hasanah, N. N., Supeno, S., & Wahyuni, S. (2017). Kekuatan retensi siswa SMA kelas X dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan momentum dan impuls menggunakan lembar kerja siswa berbasis mind mapping. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 25–32.
Kamsinah, D. L., Jamal, M. A., & Misbah, M. (2016). Meningkatkan hasil belajar dan keterampilan prosedural siswa melalui model pengajaran langsung pada pembelajaran fisika di kelas x 3 sma negeri 10 banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 137–143. https://doi.org/10.20527/bipf.v4i2.1270
Kharani, K. (2018). PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 119–129.
Nita, D. E., Achmad, A., & Pramudiyanti, P. (2014). Pengaruh Penerapan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Dan Penguasaan Materi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 2(6), 2–12.
Norhasanah, N., Jamal, M. A., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas x-1 sma negeri 12 banjarmasin melalui penerapan model pengajaran langsung pada pokok bahasan gerak melingkar. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 151–158. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i2.871
Nugraha, C. P., Admoko, S., & Deta, U. A. (2020). Analisis Kemampuan Mind Map Siswa Sekolah Menengah Atas pada Mata Pelajaran Fisika di Surabaya. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 6(2), 270. https://doi.org/10.29303/ jpft.v6i2.2237
Nurroeni, C. (2013). Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Elementary Education, 2(1), 54–60.
Panjaitan, D. J. (2016). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran langsung. Jurnal Matematics Paedagogic, 1(1), 83–90.
Pravita, W. Ik., & Kusrini, K. (2013). Penerapan Model Pengajaran Langsung Dengan Strategi Peta Konsep Pada Materi Segiempat. MATHEdunesa, 2(3).
Puspitasari, D., Zainuddin, Z., & Wati, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 6 Banjarmasin Pada Pokok Bahasan Usaha Dan Energi. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2), 146–157.
Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. (2012). Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Biology Education, 1(3). https://doi.org/10.15294/jbe.v1i3.1498
Sardiman, A. . (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyarini, D. (2019). Metode Pembelajaran Mind Map Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 30. https://doi.org/10.30659/pendas.6.1.30-44
Suwondo, S., Febrita, E., & Suryana, A. (2013). Analisis Aktivitas Dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Dengan Model Pengajaran Langsung Berbasis Inkuiri Pada Mata Kuliah Sistematika Invertebrata. Jurnal Biogenesis, 10(1), 1–10.
Suyidno, & Arifuddin, M. (2012). Strategi belajar mengajar. Banjarmasin: P3AI Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.
Swadarma, D. (2013). Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Utami, R., Djudin, T., & Arsyid, S. B. (2014). Remediasi Miskonsepsi Pada Fluida Statis Melalui Model Pembelajaran TGT Berbantuan Mind Mapping Di Sma. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(12), 1–12.
Venisari, R., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping pada Model Direct Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMPN 16 Mataram. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 193. https://doi.org/10.29303/jpft.v1i3.258
Widia, Sarnita, F., Fathurrahmaniah, & Atmaja, J. P. (2020). Penggunaan Strategi Mind Mapping Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(2), 467–473. Retrieved from http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/index
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v13i1.11332
Article Metrics
Abstract view : 485 timesPDF - 361 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112
Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.