Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran Biologi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Penerbit Rosdakarya.
Aimah, S., Muhimatul I., & Dwi A.L.B. (2017). Building Teacher’s Pedagogical Competence and Teaching Improvement through Lesson Study. Arab World English Journal (AWEJ), 8 (1) March, 66-78.
Arif, S. (2015). Pengembangan Persiapan Mengajar. An Nahdhah, Jurnal Pendidikan dan Hukum Islam, 9 (2), 1-15.
Asmadawati. (2014). Perencanaan Pengajaran. Jurnal Darul ‘Ilmi, 2 (1), 1-13.
Ball, Deborah Loewenberg and Francesca M. Forzani. (2009). The Work of Teaching and the Challenge for Teacher Education. Journal of Teacher Education 60(5), 497–511.
Balqis, P., Nasir U., & Sakdiah I. (2014). Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Smpn 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Adminsitrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 2(1), 25-38.
Darling-Hammond, L., Hyler, M. E., Gardner, M. (2017). Effective Teacher Professional Development. Palo Alto, CA: Learning Policy Institute.
Dewi,W.S, (2007). Dampak Alih guna lahan hutan menjadi lahan pertanian: Perubahan diversitas cacing tanah dan fungsinya dalam mempertahankan pori makro tanah. Unpublished PhD thesis, Universitas Brawijaya.
Dharmono. Mahrudin. & M. K. Riefani. (2019). Kepraktisan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Rawa dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 1 (2): 105-110
Elmidasari, Nurul A., & Rena L. (2015). Kesesuaian RPP dengan Pelaksanaan Pembelajaran Guru Biologi SMP Kelas VIII Se-Kecamatan Kepenuhan Hulu Tahun pembelajaran 2015/2016. Laporan penelitian tidak diterbitkan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian.
Hala, Y., Sitti S., & Syahrir K. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik pada Konsep Ekosistem bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal of EST, 1 (3), 85 – 96.
Hamalik, O. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Handayani, MB. W.R. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru IPA (Sains) SMP Negeri se-Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 7 (2), 94-105.
Kalu, M.R., Amram R. & Asep M. (2016). Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Sekolah Dasar yang Tersertifikasi pada Pembelajaran Sains. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, 5 (3), 85-94.
Kartini. & Liliasari (2012). Pengembangan Alat Ukur Berfikir Kritis. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1 (2).
Larlen. (2013). Persiapan Guru bagi Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pena, 3 (1), 81-91.
Mahpudz, A. (2014). Analisis Kebijakan Peningkatan Kompetensi Dan Profesionalisme Guru Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Penyelenggaraan Pendidikan Dasar Di Kabupaten Sigi Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 7 (1), 1-17.
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Marasabessy, A. (2012). Analisis pengelolaan Pembelajaran yang dilakukan oleh Guru yang Sudah Tersertifikasi dan yang Belum Tersertifikasi pada Pembelajaran IPA di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (1), 8-13.
Mudri, M. W. (2010). Kompetensi dan Peranan Guru dalam Pembelajaran. Jurnal FALASIFA, 1 (1), 111-124.
Nabila, H. (2016). The Influence of Pedagogic Competence and Professional Competence to Performance of Teachers Social Studies in Trowulan District. Proceeding International Conference on Ethics of Business, Economics, and Social Science, 556-565.
Natsir. N. F. (2017). Peningkatan Kualitas Guru dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal EDUCATIONIST, 1 (1), 20-27.
Nur, H. (2009). Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Jurnal MEDTEK, 1 (2), 1-10.
Nur, M. (2011). Model Pengajaran Langsung. Surabaya: PSMS UNESA.
Pahrudin, T.M. & Wiedy M. (2016, Maret). Proceeding The 2nd International Conference on Teacher Training and Education Sebelas Maret University, 2 (1), 332-345.
Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah (PP) No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Pratiwi, D. (2015). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Kuliah Desain Pembelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 6(2), 13 -25.
Rahmi, H. A., Achmad F., & Budijanto. (2017). Deskripsi Kondisi Kompetensi Pedagogik Guru Yang Bersertifikat Pendidik. Retrieved from http://jurnalonline.um.ac.id/data/artikel/artikelB0CE40461AD4278232.pdf
Razak, I.A. (2007). Kemampuan Guru dalam Pengelolaan Kelas di SMP Negeri 1 Kabila. Pedagogika, Jurnal Ilmu Pendidikan.
Retnaningsih, W.S., Elsje T.M., & Didimus T.B. (2017). Analisis Permasalahan Guru dan Siswa Terkait Perangkat Pembelajaran IPA Biologi Berbasis Inquiry dan Keterampilan Penulisan Laporan Ilmiah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2 (4), 531-534.
Rosdiana, D. (2013). Pengaruh Kompetensi Guru dan Komitmen Mengajar terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran serta Implikasinya pada Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13 (2), 201-208.
Rosenshine, B. (2007). Sistematic Instruction In T. L. Good (Ed.) 21st Century Education: A Reference Handbook. California: SAGE Publications.
Santi, I. K. L. & Rusgianto H.S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Materi Pokok Geometri Ruang SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1), 35-44.
Sardiyo. (2015). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Akademik. Jurnal TEKNODIKA. 13 (1), 20-24.
Septiani, K. S. Noorhidayati. & M. K. Riefani. (2020). The Validity of Question Wheel "Karunia" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 2 (1): 7-13. DOI: 10.20527/bino.v2i1.7883
Sormin, D. (2016). Kompetensi Guru dalam Melaksanakan dan Mengelola Proses Belajar Mengajar di Pondok Pesantren Darul Mursyidi Desa Sialogo Tapanuli Selatan. Jurnal FITRAH, 2 (1), 117-130.
Sunaryo. (2009). Peningkatan Kemampuan dan Kreativitas Guru dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas. Jurnal Mimbar Pendidikan, No.2/XXVIII/2009, 116-128.
Sunhaji. (2014). Kualitas Sumber Daya Manusia (Kualifikasi, Kompetensi dan Sertifikasi Guru). Jurnal Kependidikan, 2 (1), 142-160.
Syahruddin, Andi E., & Muh. N.E. (2013). Teachers’ Pedagogical Competence in School-Based Management. Journal of Education and Learning. 7(4), 213-218.
Tanang H., & Baharin A. (2014). Teacher Professionalism and Professional Development Practices in South Sulawesi, Indonesia. Journal of Curriculum and Teaching, 3, (2), 25-42.
Wendra S., Wachju S., & Jekti P. (2013). Kemampuan Mahasiswa PPL dalam Penerapan Model Pembelajaran dan Tingkat Ketepatannya dalam Implementasi Serta Hubungannya dengan Capaian Hasil Belajar Biologi (SMA Negeri di Kota Jember). Jurnal Pancaran, 2 (4), 156-170.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v13i1.11333
Article Metrics
Abstract view : 512 timesPDF - 497 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112
Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.