Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Pembelajaran Materi Konsep Ekosistem Menggunakan Model Inkuiri Dipadu Kooperatif
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afrizon, R. Ratnawulan. Ahmad, F. (2012). Peningkatan Prilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1): 1-16.
Amir, Z. & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika.Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan Kelas untuk Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas. Aditya Media, Yogyakarta
Dewi, N.L. Dantes, N. Sadia, I.W. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3: 1-10.
Dharmono. Mahrudin. & Riefani, M.K. (2019). Kepraktisan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Rawa dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 1 (2): 105-110
Fadilah, S. Purwanto, A. & Risdianto, E. (2018). Penerapan model inkuiri terbimbing untuk meningkatkan sikap ilmiah dan hasil belajar siswa pada konsep alat-alat optik kelas XI SMAN 1 Mukomuko. Jurnal Kumparan Fisika, 1 (2), 8-14.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Ghalia Indonesia. Bogor.
Mahrudin. & Dharmono. (2018). Pengembangan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Kawasan Tepi Sungai Maluka Kabupaten Tanah Laut Pada Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan. In Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah, 3 (2): 563-56. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat
Marissa, A. Lestari, N.A. Widodo, A.T. & Wijayati, N. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Guided-Inquiry Berstrategi Buzz Group. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10 (2):1721-1730.
Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta
Muliani, N.K.D. & Wibawa, C.I.M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3 (1):107-114.
Nur, M. (2011). Model Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Nurdin. & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Riefani, M.K. (2019). Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan “Keragaman Burung” di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Jurnal Vidya Karya, 34 (2): 193-204.
Riefani, M.K. Badruzsaufari. & Dharmono. (2020). “The practicality of odonata handout in invertebrate zoology course,”. Phys. Conf. Ser, 1422 (1). doi: 10.1088/17426596/1422/1/012028.
Sa’adah. & Kusasi, M. (2017). Meningkatkan sikap ilmiah dan pemahaman konsep menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) pada materi kesetimbangan kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 8(1):78-88.
Salbiah. (2017). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Pembelajaran Discovery Inquiry pada Konsep Koloid. Jurnal Tadris Kimiya, 2(1):109–115.
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Septiani, K.S. Noorhidayati. & Riefani, M.K. (2020). The Validity of Question Wheel "Karunia" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 2 (1): 7-13. DOI: 10.20527/bino.v2i1.7883
Seranica, C. Purwoko, A.A. Hakim, A. (2018). Influence of guided inquiry learning model to critical thinking skill. IOSR Journal of Research & Method in Education, 12 (4): 407- 422.
Situmorang, R.P. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4 (1): 51-57. DOI https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57
Susilo, H. Husnul, C. Yuyun, D.S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Bayumedia, Malang.
Suratsih. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Laporan Penelitian Unggulan UNY (Multitahun). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.
Sutama, I.N. Ida, B.P.A. Ida, B.J.S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Ketrampilan Berpikir Kritis dan Kinerja Ilmiah Pada Pelajaran Biologi Kelas XI Ipa SMA Negeri 2 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4: 1-13
Utami, N.H. & Riefani, M.K. (2017). The Measurement of Science Process Skills for First Year Students at Biology Education Departement. The 5th South East Asia Development Research. Atlantis Press Conference Proceeding, 100: 382-384.
Utami, N.H. Riefani, M.K. Sarah, S. Musliha. (2021). Basic Science Process Skills in Senior High School for Solve Wetlands Problems. Proceedings of the 2nd International Conference on Social Sciences Education: 444-447.
Wahyuni. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperiemen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII IPA SMAN 2 Martaram Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 2(4): 56-57.
Wulandari, D. (2012). Pengaruh Penggunaan Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Cahaya dan Sifat-Sifat Pada Siswa Kelas V SDN Mranggen Tengah Kecamatan Bansari Tahun Ajaran2011/2012. Skripsi. Universitas Kristen Satya Wacana.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v13i2.11670
Article Metrics
Abstract view : 414 timesPDF - 509 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:
Managed by:
Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112
Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.