HUBUNGAN ANTARA JENIS KELAMIN DENGAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP ILMIAH MAHASISWA PADA MATA KULIAH BOTANI TUMBUHAN RENDAH DI PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT

Sri Amintarti, Aulia Ajizah, Nurul Hidayati Utami

Abstract


Pada Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) matakuliah Botani Tumbuhan Rendah(BTR) diharapkan mahasiswa mampu secara kognitif dan sikap untuk menginternalisasi berbagai sikap ilmiah seperti  sikap ingin tahu, sikap respek terhadap fakta, sikap berpikir kritis, sikap penemuan, dan sikap ketekunan, sehingga perlu dilakukan pembaharuan pembelajaran yang dapat mengakomodasi hal tersebut. Aspek pembaharuan salah satunya adalah menilai kemampuan belajar peserta didik. Telah dilakukan penelitian tentang hubungan antara jenis kelamin dengan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa mata kuliah BTR. Metode penelitian merupakan metode Survey. Data diperoleh melalui angket mengenai sikap ilmiah, observasi sikap ilmiah selama berlangsungnya pembelajaran (praktikum) serta menggunakan instrumen tes evaluasi hasil belajar untuk mengetahui ketercapaian hasil belajar kognitif. Data penelitian dianalisis dengan Uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif (r=1) antara jenis kelamin dengan hasil belajar dan sikap ilmiah, meskipun hubungan antara jenis kelamin dengan hasil belajar tidak bermakna secara signifikan (P=0,239). Akan tetapi antara jenis kelamin dengan sikap ilmiah memiliki korelasi yang sangat signifikan (P<0,01).

Kata kunci: Korelasi, Jenis kelamin, Hasil belajar, Sikap ilmiah


Full Text:

PDF

References


Anderson, Lorin & David Krathwol. 2011. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (versi terjemahan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, Saifudin, 2004. Reliabilitas dan Validitas. Edisi ke-4. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Bundu, Patta., 2006. Penilai an Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah Dalam Pembelajaran Sains – SD: Jakarta. Depertemen Pendidikan Nasional.

Nashirudin, Muh., Intensitas belajar dan jenis kelamin sebagai faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.https://sofianasma.wordpress.com/ 2010/12/16/intensitas-belajar-dan-jenis-kelamin-sebagai-faktor-yang-mempengaruhi-prestasi-belajar-siswa/

Nuryati, Atamimi. 2012. Perbedaan Peran Jenis Kelamin, Skala Akademik, Dan Peran Aktif Berorganisasi Dengan Prestasi Akademik.(Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/87990-Id-Perbedaan-Peran-Jenis-Kelamin-Skala-Akad.Pdf)

Nuryoto, Sartini. 1998. Perbedaan Prestasi Akademik Antara Laki-Laki Dan Perempuan Studi Di Wilayah Yogyakarta Sartini Nuryoto.(Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/127308-Id-Perbedaan-Prestasi-Akademik-Antara-Laki.Pdf

Olasehinde,K.J.,& Olatoye,R.A.2014.Scientificattitude,attitudeto science andscienceachievementofseniorsecondary schoolstudentsinKatsina Stage,Nigeria.JournalofEducationaland SocialResearch.

Pratiwi, Nanda dan Restuati, Martina. Perbedaan hasil belajar siswa berdasarkan jenis kelamin yang diajar menggunakan Multimedia berbasis komputer pada materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Penelitian bidang Pendidikan. Volume 20(1)

: 8-15, 2014. ISSN 0852-0151

Subali, Bambang. 2013. Kemampuan berpikir pola divergen dan berpikir kreatif dalam Keterampilan Proses sains. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono.2011.MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatif,danR&D.Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v10i1.5460

Article Metrics

Abstract view : 1570 times
PDF - 2037 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:   


Collaborate with:


Managed by:

Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat

Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112

Email: [email protected], Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.