PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT BERDASARKAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IXB PADA MATERI PEWARISAN SIFAT

Dwi Nastiti Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA melalui penerapan pembelajaran edutainment berdasarkan Quantum Teaching dengan kerangka rancangan TANDUR pada Materi  Pewarisan Sifat Kelas IXB di SMP Negei 10 Banjarmasin, dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I terdiri atas dua kali pertemuan dan siklus II terdiri atas dua kali pertemuan, penelitian ini dilaksanakan dari bulan Juli  sampai dengan Oktober pada semester Ganjil tahun ajaran 2014-2015. Subjek penelitian adalah siswa Kelas IXB SMP Negei 10 Banjarmasin yang berjumlah 34 siswa, terdiri dari 15 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Datal penelitian diperoleh dengan menggunakan  instrumen tes akhir siklus, lembar observasi penilaian afektif dan psikomotor, lembar observasi keberhasilan tindakan, angket motivasi belajar siswa, dan catatan lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran edutainment berdasarkan Quantum Teaching dengan kerangka rancangan TANDUR dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa ditunjukkan dengan peningkatan skor rata-rata yang didapat, di mana pada siklus I menunjukkan hasil sebesar 3,46 dengan kategori cukup  dan meningkat pada siklus II sebesar 3,7 dengan kategori baik. Peningkatan skor rata-rata motivasi belajar diikuti juga dengan meningkatnya ketuntasan klasikal, di mana pada siklus I sebesar 35,9% dan meningkat pada siklus II sebesar 82,1%. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui dari ranah kognitif dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 85% menjadi 92%. Peningkatan pada ranah afektif dapat dilihat dari persentase keberhasilannya, di mana pada siklus I sebesar 82,29% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33%. Peningkatan pada ranah psikomotor dapat dilihat dari persentase keberhasilannya, di mana pada siklus I sebesar 65,63% dan meningkat pada siklus II sebesar 78,12%.

Kata kunci: kerangka rancangan TANDUR, motivasi belajar, hasil belajar.


References


Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: PT. Rineka Cipta.

DePorter, B., Reardon, M. & Singer-Nourie, S. 2003. Quantum Teaching: Jakarta. Kaifa.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fitriani, I. 2005. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Biologi melalui Pembelajaran Kuantum dengan Kerangka Rancangan TANDUR Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Manusia Siswa Kelas II MAN 3 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Hariyanti, E. 2004. Ujicoba Model Pembelajaran Pendidikan di Luar Ruang Mata Pelajaran IPA. http://gurupkn.wordpress.com/2007/12/15/learning-and-memory diakses tanggal 29 Agustus 2013).

Sardiman, A. M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Rajawali Press.

Suciati. 2001. Taksonomi Tujuan Instruksional. Jakarta: Projek Pengembangan Universitas Terbuka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Suryatiningsih. 2005. Upaya Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi dengan Menerapkan Model Pembelajaran Edutainment Berdasarkan Quantum Teaching pada Pokok Bahasan Ekosistem di SMA Negeri 7 Kediri, Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FMIPA UM.

Prayitno, E. 1989. Motivasi dalam Belajar. Jakarta: P2LPTK.

Winkel, W. S. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.