Validitas Buku Etnobotani Tumbuhan Dracontomelon dao di Kawasan Hutan Bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut

Riswanda Imawan, Dharmono Dharmono, Mahrudin Mahrudin

Abstract


Validasi diartikan sebagai suatu tindakan pembuktian dengan cara yang sesuai bahwa tiap bahan, proses, prosedur, kegiatan, sistem, perlengkapan atau mekanisme yang digunakan dalam produksi dan pengawasan akan senantiasa mencapai hasil yang diinginkan. Buku yang divalidasi adalah buku ilmiah populer tumbuhan Dracontomelon dao di Kawasan Hutan Bukit Tamiang Kabupaten Tanah Laut. Validator terdiri dari 2 orang ahli dari Universitas Lambung Mangkurat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dari buku ilmiah populer Dracontomelon dao. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model education design research (EDR) dengan evaluasi uji formatif Tessmer. Adapun hasil yang didapatkan dari uji validasi oleh 2 validator ahli terhadap buku ilmiah populer Dracontomelon dao adalah sangat valid dengan skor 90,97%.


Keywords


Validitas, Buku Ilmiah Populer, Dracontomelon dao

Full Text:

PDF

References


Anwar, H. (2009). Penilaian Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Pelangi Ilmu Vol 2 No. 5.

Badan Standar Nasioanal Pendidikan (BSNP). (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Tahun 2014. Badan Standar Nasional Pendidikan, Jakarta.

Barnawi & Arifin, M. (2015). Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.

Belawati, T. (2003). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dharmono. Mahrudin. & M. K. Riefani. (2019). Kepraktisan Handout Struktur Populasi Tumbuhan Rawa dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Biologi. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 1 (2): 105-110

Dianto, I. (2019). Penulisan Ilmiah Murni dan Populer. Al-Mau’izhah, 5(1).

Fajeriadi, H., Zaini, M., & Dharmono. (2019). Validity of the Gastropods Popular Scientific Book in the Pulau Sembilan Kotabaru Coastal Area for High School Students. Journal of Biology Education, 8(2), 142-149.

Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktorat UPI.

Hidayati, N. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Topik Energi Dalam Sistem Kehidupan Di Madrasah Tsanawiyah. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), Vol. 2 (2): 389-399. DOI https://doi.org/10.22219/jinop.v2i2. 3283.

Irwandi, Winarti A, Zaini M. (2018). Validitas Buku Ilmiah Populer tentang Penyu untuk Siswa SMA Kawasan Pesisir. Jurnal Bioedukatika.

Marlina, R., B. Hardigaluh, & Yokhebed.(2015). Pengembangan Modul Pengetahuan Lingkungan Berbasis Potensi Lokal untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Pengajaran MIPA, 20(1): 94-99.

Martin, G. J. (1998). Etnobotani : Sebuah Manual Pemeliharaan Manusia dan Tumbuhan. Edisi Bahasa Melayu Terjemahan Maryati Mohamed, Natural History Publications (Borneo), Sabah.

Mulyadi. (2015). Tingkat Keterbacaan Reading Materials dalam Mata Kuliah Telaah Teks Bahasa Inggris STAIN Pamekasan. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam, 1 2 (1), 121– 141.

Ningsih, R.T., Gunawan, dan Pujawati, E.D. (2016). Kajian Pemanfaatan Tumbuhan Bunga pada Masyarakat Suku Banjar di Kecamatan Karang Intan Kalimantan Selatan. Program Studi Biologi FMIPA Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.

Novana, T., Sajidan. & Maridi. (2014). Pengembangan Modul Inkuiri Terbimbing Berbasis Potensi Lokal pada Materi Tumbuhan Lumut (Bryophyta) dan Tumbuhan Paku (Pteridophyta). Jurnal Inkuiri. 3(2): 108-122.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An Introduction to Educational Design Research. In Proceedings of the seminar Conducted at The East China Normal University, Shanghai (PR China) (pp. 23-26).

Punaji, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Purwanto, Y. (1999). Peran dan Peluang Etnobotani Masa Kini di Indonesia Dalam Menunjang Upaya Konservasi dan Pengembangan Keanekatagaman Hayati. Prosiding Seminar Hasil-hasil Penelitian Bidang Ilmu Hayat, Bogor.

Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan (Puslitjaknov). (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional: Jakarta.

Rahmi, F. Noorhidayati. & M. K. Riefani. (2020). The Validity of the Human Circulatory System Concepts Handout at Class XI IPA SMAN 6 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 2 (1): 14-19. DOI: 10.20527/bino.v2i1.7885

Riefani, M.K. (2019). Validitas dan Kepraktisan Panduan Lapangan “Keragaman Burung” di Kawasan Pantai Desa Sungai Bakau. Jurnal Vidya Karya. Vol 34 (2): 193-204.

Riefani, M.K. & Mahrudin (2020). Validitas Panduan Lapangan (Field Guide) Matakuliah Zoologi Vertebrata Materi Aves. Prosiding Seminar Nasional Lingkungan Lahan Basah Vol 5 (3): 63-69.

Riefani, M.K. Badruzsaufari. & Dharmono. (2020). “The practicality of odonata handout in invertebrate zoology course,”. Phys. Conf. Ser. Vol. 1422 (1). doi: 10.1088/17426596/1422/1/012028.

Sari. (2014). Panduan Membuat Bahan Ajar Buku Teks Pelajaran Sesuai Dengan Kurikulum 2013. Kata Pena, Surabaya.

Septiani, K. S. Noorhidayati. & M. K. Riefani. (2020). The Validity of Question Wheel "Karunia" Learning Media in the Archaebacteria and Eubacteria Students of Class X IPA of SMAN 7 Banjarmasin. BIO-INOVED: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 2 (1): 7-13. DOI: 10.20527/bino.v2i1.7883

Setyosari. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana Prenadamedia Group, Jakarta.

Situmorang, R. P. (2016). Analisis Potensi Lokal Untuk Mengembangkan Bahan Ajar Biologi di SMA Negeri 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan Sains, 4 (1):51-57. DOI https://doi.org/10.26714/jps.4.1.2016.51-57

Suparman, M.A. (2012). Panduan Para Pengajar dan Inovator Pendidikan: Desain Instruksional Modern. Erlangga, Jakarta.

Suratsih. (2010). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Potensi Lokal dalam Kerangka Implementasi KTSP SMA di Yogyakarta. Penelitian Unggulan UNY (Multitahun). Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Susanti, H. (2015). Studi Etnobotani Sayuran Lokal Khas Rawa di Pasar Martapura Kalimantan Selatan. Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat, Banjarbaru.

Suwarni, E. (2015). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Lokal Materi Keanekaragaman Laba-Laba di Kota Metro Sebagai Sumber Belajar Alternatif Biologi untuk Siswa SMA Kelas X. Bioedukasi Jurnal Pendidikan Biologi. 6 (2), 86-92. Lampung: Universitas Muhammadiyah Metro.

Syaifuddin, Suryanto, E., Kurniawan, N.M.A., Fitriyanti, S. (2016). Etnobotani Tumbuhan Hutan Berkhasiat Obat di Desa Mandiangin Barat Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan. Balai Penelitian Kehutanan, Banjarbaru.

Wibowo, W. 2008. Berani Menulis Artikel. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/wb.v12i1.8494

Article Metrics

Abstract view : 428 times
PDF - 543 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Wahana-Bio Journal is abstracting & indexing in the following databases:   


Collaborate with:


Managed by:

Program of Biology Education, Mathematics and Natural Science Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lambung Mangkurat

Brigjen H. Hasan Basri, Kayu Tangi, Banjarmasin, Indonesia, Telp/Fax: (0511) 3304914, Mail Box 70123 No. HP: 081255118112

Email: wahanabio@ulm.ac.id, Website: https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/wb

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.